Kamis, 30 September 2010

, ,

Sebuah kisah klasik

Kisah klasik??
kisah seperti apa sih yang klasik itu??
apa karena sudah terlalu lama??
atau karena hanya tinggal kenangan??
padahal baru saja kemarin berakhir..
Publisher: FK - 23.47
,

don't know but want to know

seminggu terakhir ini..
ya..
hari - hari yang melelahkan..
melelahkan hati..
melelahkan fikiran..
melelahkan tubuh..
melelahkan jiwa..
ya..
sangat melelahkan..

segudang aktivitas kuliah yang padatnya seakan mencekik leherku..
ditambah dengan segudang rapat acara..
ya..
dimulai dari LKO..
FOSMA..
Dept Bina bahasa dan sastra..

arrrggghhhh...
ingin rasanya teriak..
melepaskan segalanya dari pundakku..
meskipun hanya sesaat..

aku bukanlah orang sibuk..
karena aku masih kewalahan mengatur jadwal - jadwalku..
bahkan hingga ada sebuah teguran lewat sms

astaghfirullahalazim..

trouble again,..
bagai tiada hari tanpa trouble or problem..
ya..
inilah hidup..
hidup adalah permasalahan
hidup untuk menyelesaikan permasalahan

i don't know but want to know..
Publisher: FK - 11.00

Senin, 27 September 2010

, , ,

Life's Memory

entah kenapa..
rasanya begitu cepat..
waktu ini berjalan

umurku sudah menjelang 18 tahun
kuliahku sudah memasuki semester 3
adik adikku sudah makin dewasa

yaa..
banyak sekali parameternya..

seolah kita hanya hidup sehari..

semuanya serba cepat..

dulu, sewaktu aku masih di sekolah dasar..
aku tak pernah berfikir bisa jadi seperti sekarang..
ayahku pernah berkata..
"gak nyangka anak papa udah jadi mahasiswa, perasaan kemarin masih umur 5 tahun, kemana - kemana masih di gendong papa, sebentar lagi kalau lulus dan kerja pasti nikah, pisah deh.."
Yaa,..
cukup kaget..
ternyata ayahku justru sangat memperhatikanku..
tersirat kekhawatiran dan pengharapan padaku..
mau tak mau aku pun ikut berfikir ke masa depan..

malah pernah ibuku berkata
"kalau anak mama udah pada punya keluarga masih inget gak ya sama mama??"
sontak aja aku langsung diam dan berlari menuju kamarku..
ASTAGHFIRULLAH..
aku langsung menangis saat itu..
begitu besar kehawatiran ibuku..
bukan takut tak ada yang mengurusnya, tapi takut anaknya akan menjadi durhaka ketika lupa pada orang tuanya..
sulit digambarkan bagaimana perasaanku saat itu..
bercampur antara sedih dan bingung..
sedih ibuku sekhawatir itu..
dan bingung mengapa beliau berfikiran seperti itu..

ayah dan ibuku selalu mengkhawatirkanku dan anak - anaknya yang lain..
tapi kadang kami hanya bisa membuat mereka kesal dengan ulah kami yang aneh - aneh..
ASRAGHFIRULLAHALAZIIM..

"Ya Allah lindungilah mereka kedua orangtuaku yang selalu berdo'a untuk kebaikanku, yang selalu berharap keberhasilanku, yang selalu mengkhawatirkan keadaanku sekalipun aku telah meyakinkan mereka bahwa aku baik - baik saja, ampuni dosa - dosa mereka dan sayangilah mereka Ya Allah.."

mereka sungguh luar biasa..
pengabdian mereka sungguh tak tergantikan..
cinta mereka sungguh menenangkan..
amanah dari Allah pun tak mereka siakan..

Sebagai anak pertama..
menjadi hukum alam bahwa aku yang akan jadi tumpuan mereka semua nantinya..
tapi..
ibuku pun pernah mengatakan sesuatu yang benar - benar menyesakkan hatiku ..
"kalau kamu udah kerja, kamu simpan aja uangnya, yaa buat masa depan kamu, buat keluarga kamu nantinya.. mama papa gak akan minta selama kami masih kuat bekerja.. dan meskipun udah gak kuat kami akan usaha sendiri biar gak nyusahin anak - anak mama papa nantinya kalau udah menikah"
aku bingung mau berkata apa..
begitu pula papaku.. beliau pernah mengatakan hal serupa dengan perkataan ibuku..

inilah yang kutemukan..
cinta yang tanpa pamrih..


<3> Publisher: FK - 22.16
,

Allah is my soul

Ya Allah..
aku lemah..
aku kecil..
aku hina..
aku rendah..

dihadapan-Mu, aku bukan apa - apa..
bahkan mungkin lebih seperti debu yang tak ada arti..

Ampuni aku Ya ALLAH..
Publisher: FK - 00.24

Minggu, 26 September 2010

Nama pena

pengen mengabadikan nama ayah saya Fatkhan Nur Rokhim..
jadinya punya nama pena sekarang..
Anna Nur Rahim..
sok eksis banget yh??
hehehe
gak juga siiihh..
pengen punya nama pena aja dari dulu..
hehe
Publisher: FK - 18.08
,

Dejavu

Dimulai sejak pertemuan setahun lalu..
semuanya berlalu begitu cepat..
tanpa kusadari, kini setahun mengenalnya..
yaa..
banyak hal menarik..
banyak hal aneh..
banyak hal gila..
banyak hal yang tak masuk akal..
yaa..
begitulah..
seperti dejavu..
seolah kembali ke masa lalu.
Publisher: FK - 10.01

Launching Programmer handal


yea...
sesuai dengan judulnya..
Launching programmer handal..

who they are??

they are..
Publisher: FK - 09.51
, ,

salah kah??

salahkan jika aku menangis??
salahkah jika aku marah??
salahkah jika aku diam??
salahkah jika aku tertawa??
salahkah jika aku tak bercerita pada siapapun??
Yaa..
manusia memang butuh berbagi..
tapi tak semuanya yang harus di bagi kan??
ada kalanya sesuatu itu lebih baik dipendam sendiri..
tak semuanya harus dibagi..
ini masalah hati..

ada kalanya hati merasa tenang setelah melepaskan semuanya..
melepaskan semua bebannya..
entah amarah..
entah air mata..
entah apapun itu..

----
try to be a strong woman
Publisher: FK - 08.28

Jumat, 24 September 2010

, , ,

So Shine

hujan..
again and again..
bosan dengan cuaca seperti ini..
ya..
hawa dingin dengan mudahnya menyergap tubuh..
bahkan ada yang sampai menusuk tulang..

jalananpun tak ayalnya menjadi basah..
banyak kubangan air..
dan bahkan berisi sedikit lumpur..
becek.. kotor..
dan membuat semua yang melewatinya menjadi harus dicuci..

kadang kesal..
kadang dongkol..
kadang sebel..
yaa..
namanya juga manusia..
sulit bersyukur akan apa yang telah ia dapatkan..

tapi, dibalik semua itu..
hujan memiliki suatu keindahan..
hujan memiliki melodi - melodi instrument yang membuat hati tenang..
dentuman kecil yang indah terasa nyaman..
inspirasi pun mudah datang..

Inspiring..!!
that's one of a milion words which can describe the miracle of rain..

Publisher: FK - 17.21

5L

Letih..
kalau dibilang letih
aku sangat letih..
tapi rasanya keletihanku tak lebih letih
daripada seorang penarik becak yang bekerja seharian untuk menghidupi keluarganya

Lelah..
lelah hati..lelah fikiran..lelah tubuh..
tapi tak seberapa lelah
daripada seorang ilmuwan yang meneliti sebuah obat untuk kesembuhan orang banyak

Lemah..
seperti tak kuat lagi berjalan
memikul beban abstrak yang lebih berat dari 1 kuintal beras
tapi diriku tak seberapa lemah
masih ada orang - orang yang tengah sakit mengalami lemahnya tubuh karena bekerja terlalu keras

Lesu..
seperti berlari mengejar matahari..
dapat kau bayangkan seberapa lelahnya
tapi tak lebih lesu
daripada pelari marathon yang membawa nama indonesia serta mengharumkan nama indonesia

Lunglai
tulang - tulang seperti copot dari sendinya..
dan mungkin terkulai dalam balutan kulit
tapi tak seberapa lunglai
dibanding lunglainya seorang ayah saat pulang seusai bekerja untuk keluarganya..

Ya Allah..
rasanya tak adil jika aku mengeluh terus..
mereka yang lebih dariku..
mereka yang memberikan hasil positif..
mereka yang memberikan manfaat bagi orang lain..
tak pernah kudengar mereka mengeluh..

mengaku lemah, padahal kekuatan masih banyak yang tersimpan..
mengaku lemas, padahal ada minuman untuk menyegarkan..

sungguh tak adil rasanya..
jika aku mengeluh..
Publisher: FK - 14.32

problem & problem

mungkin terasa berat sekali..
tapi ternyata..
bukan aku saja yang rasakan itu..
tapi
seolah - olah semuanya langsung menyergap fikiranku..
stop being so sad..
it can be over if you done your problem..
Publisher: FK - 07.22

Rabu, 22 September 2010

Bohong

sebenernya bohong itu apa sih??
gak jujur??
kalau bohong sama diri sendiri??
apa sama dengan gak jujur??
padahal hati ini juga masih belum tau apa yang terjadi..
tak bermaksud bohong..
tapi percayalah..
ini alami..
ini takdir..
ini kehendak Allah..
hati yang sulit menentukan
Publisher: FK - 23.20

Selasa, 21 September 2010

, , ,

Marah vs Wudhu

Entah ini yang keberapa kalinya saya tiba2 marah (kesel doank sih) sama kakak kakak dan sahabat2 saya..
Yaaa...
mungkin ini bukan hal asing lagi dalam keseharian mereka..
coba saja tanyakan mereka satu persatu..
apa yang sering terjadi pada saya..
1 kata "ngambek"..
bahkan mungkin ada yang bilang "nangis"
nah loooo...
salah satu bukti bahwa ada suatu hormon yang menyebabkan keterlambatan pendewasaan sikap saya..*halah apa ini??nyalahin hormon lagi

kalau secara harfiah*bahasa apa lagi ini??
mungkin saya masih harus belajar mengontrol emosi saya..
*dari dulu belajar terus tapi gak berubah2..
nahhh...
what happend with me??

jawabannya akan di ulas disini..

nah setelah banyak - banyak mengintrospeksi diri..
ternyata alasan saya ngambek adalah
1. rasa tidak nyaman
saat sedang berkumpul atau membicarakan sesuatu terkadang muncul rasa jenuh tiba2 yang tersimpan dalam hati.. jika dituntut untuk terus berada dalam situasi seperti itu, otak akan bekerja lebih untuk menurunkan panas di hati.. namun jika kerja otak sudah maksimal dan hati masih juga merasa tak nyaman, keluarlah semua yang ada di hati hingga ngambek pun tercipta..

yaaa..
saya akui., saya cepat bosan dengan keadaan sekitar.. entah saya menghendakinya atau tidak, jika saya merasa bosan sejak awal di jamin sulit menemukan mood baik..
hhehe

salah satu peredamnya adalah WUDHU..
ketika wudhu bahkan mungkin saya bisa menitikkan air mata saking menyesalnya dengan perlakuan saya sebelumnya..
ketika membasuh muka ini, ingat ketika bermuka masam di depan mereka disebabkan ego saya yang sedang tinggi.
ketika membasuh mulut ini yang senantiasa berkata "terserah kalian deh, aku pulang" dengan nada marah..
ketika membasuh kepala ini yang senantiasa berfikiran negatif..
ketika membasuh kaki ini yang meninggalkan mereka yang mungkin bingung dengan sikapku..
Ya Allah..
semuanya menyumbang 1 dosa untukku..
hiks..hiks...
tapi setelah wudhu..
jujur aku merasa lebih tenang..
ketika shalat pun aku menangis mengingat semua keburukan pada mereka..

Ya Allah..
maafkan hambamu yang sering tak bisa memutuskan dengan akal sehat dan hanya mengikuti nafsu sesaat..

ketika shalat pun..
terkadang aku masih belum menyapa mereka..
why??
bukan aku masih marah..
tapi aku malu pada mereka..
malu atas sikapku pada mereka..
aku pun hanya diam.. dan mungkin berfikir keras..
sudah berulang kali aku lakukan ini...

Ya Allah..
tapi aku beruntung..
mereka semua justru semakin mengerti akan diriku..
mereka mengajariku untuk berubah..
selalu mengingatkanku untuk menjadi lebih baik..
meskipun mungkin sulit untuk mengubah mind set ku yang notabene anak manja..

Thank's buat semua temen2 fosma..
Thanks buat abangku. tetehku, dan saudara2ku..
Publisher: FK - 19.23
, ,

Rasanya Tak Perlu


Rasanya tak perlu
Menyesali kesalahan masa lalu
Yang perlu
Menjadikan masa lalu sebagai pelajaran hidup yang berharga

Rasanya tak perlu
Mencari kesalahan orang lain untuk di umbar di depan orang banyak
Yang perlu
Simpan dalam hati dan tuntunlah ia ke jalan yang benar

Rasanya tak perlu
Memaksakan pendapat diri pada orang lain
Yang perlu
Hargai pendapat yang lain, karena semua orang punya hak bicara

Rasanya tak perlu
Bermuka masam pada orang yang memusuhi kita
Yang perlu
Senyumlah karena senyum itu ibadah

Rasanya tak perlu
Menyelesaikan masalah dengan emosi
Yang perlu
Selesaikan masalah dengan kepala dingin

Rasanya tak perlu
Menyalahkan diri sendiri atas masalah yang menimpa kita
Yang perlu
Mengkoreksi diri sendiri agar menjadi lebih baik

Rasanya tak perlu
Bermusuhan dengan orang
Yang perlu
Bangun persaudaraan yang indah

Rasanya tak perlu
Berharap berlebihan terhadap sesuatu di dunia
Yang perlu
Berdo'a agar mendapatkan yang lebih baik lagi

Rasanya tak perlu
Merasa diri paling hebat
Yang perlu
Sadari semua manusia memiliki kekurangan

Rasanya tak perlu
Merasa hidup sendiri
Yang perlu
Rasakan bahwa Allah selalu bersama kita

Rasanya tak perlu
Mempersulit diri sendiri dengan melakukan dosa
Yang perlu
Perbanyak ibadah akan mempermudah hidup kita

Rasanya tak perlu
Ada kata maaf dalam persahabatan
Yang perlu
Saling memaafkan sebelum sahabatnya yang lain meminta maaf
Publisher: FK - 07.53

Senin, 20 September 2010

, ,

Kuliah Perdana

Liburan telah usai..
Saatnya kembali ke Bandung..
Dengan segala rutinitas yang telah ditinggalkan selama liburan..
waaahhhh...
kudu siap mental dan fisik lagi nih..http://www.smileycodes.info

kuliah hari senin dimulai oleh mata kuliah APSI..
what is APSI??
APSI -> Analisis dan Perancangan SIstem Informasi..
wooowww...

hhahaha
kuliahnya cukup sebentar siiihhh...
mulai jam 7 selesai jam 9..
menurut penuturan dosennya sih, kebanyakan teori katanya..
GLEK..
http://www.smileycodes.info

hhaaaa...
wait..wait...
dosennya ngomong sendiri kok kalau ngantuk itu wajar...
ALHAMDULILLAH...
http://www.smileycodes.info

wahhh..
sebenernya ini masih delay sampe kuliah berikutnya..

semoga kuliahnya lebih mudah...
amiiinnn
Publisher: FK - 10.44

Minggu, 19 September 2010

, , ,

diam

diam bukan berarti lemah..
diam bukan berarti pasrah..
diam bukan berarti tak ada usaha..
diam bukan berarti takut..
diam bukan berarti menyerah..
diam bukan berarti sedih..
diam bukan berarti kalah..

tapi..
diam adalah kekuatan..
diam adalah ikhtiar..
diam adalah melawan..
diam adalah berani..
diam adalah bahagia..
diam adalah menang..
diam adalah do'a..
diam adalah penjagaan yang kuat..

jika kau mencintai seseorang..
diamlahh..
jaga hatimu..
karena dengan diammu, kau memberikan do'a untuk dia yang kau cintai..
karena dalam diammu, kau berikhtiar untuk mendapatkan cinta yang hakiki, cinta yang timbul karena cinta pada-Nya..
karena dalam diammu, kau menjaga dirimu..
karena dalam diammu, kau berani melawan nafsu yang bisa merusak cintamu..

bersabarlahh...
hingga akhirnya kau akan memenangkan yang terbaik dari ALLAH
hingga akhirnya kau akan bahagia dengan pilihan ALLAH


-Ifa-

Publisher: FK - 00.20
,

nobody..

i want nobody - nobody but u..!!
i want nobody - nobody but u..!!

******
u?
a big question...
Publisher: FK - 00.15

Sabtu, 18 September 2010

, , ,

karena aku wanita


karena aku seorang wanita..
dibalik kelemahanku,
Allah memberiku kekuatan untuk menopang beban kehidupan

karena aku seorang wanita
dibalik kelembutanku,
Allahmemberiku keras kepala untuk menahan argumenku

karena aku seorang wanita
dibalik air mataku,
Allah memberiku semangat yang tak ada habisnya untuk menghapus air mata itu..

karena aku seorang wanita..
aku membutuhkan kehadiran seseorang yang bertanggung jawab..
yang cinta pada Tuhannya..

karena aku seorang wanita
aku mengharapkan ketulusan

karena aku seorang wanita
aku membutuhkan perlindungan

karena aku seorang wanita
aku membutuhkan kasih sayang..

karena aku seorang wanita
aku menginginkan perhatian..

terkadang para pria tak mengerti sikap wanita
ya..itulah aku..
karena aku seorang wanita..

karena aku seorang wanita..
mungkin..
fisikku terlihat lemah..
hatiku terasa rapuh..
tapi..
dibalik kelemahan fisik itu dan kerapuhan hati itu..
tersimpan kekuatan dan pengharapan..
mungkin aku hanya bisa menangis...
mungkin aku hanya bisa mengaduh...
tapi inilah aku..

karena aku seorang wanita...
bukan..
karena semua wanita
ingin dimengerti...


------------------------------------------------------------------------------------------
-ifa-
Publisher: FK - 16.46
,

Tak pernah kulihat sebelumnya, hingga kumeneteskan air mata

Ya Allah..
mungkin ini salah satu Kuasa-Mu..
aku tersungkur disaat ziarah menuju pemakaman di yogyakarta..
Ya..
tak lain dan tak bukan, makam Almarhum kakekku, omku dan Almarhumah nenekku..

sebelumnya, adik dari omku ini pernah mengatakannya..
tapi, aku masih belum percaya..

dan hari itu pun tiba..
aku men-ziarahi makam mereka
Areal pemakaman yang mungkin terlihat biasa..
tapi, ada hal yang tak biasa disana..
aku melihat ada 3 makam yang benar - benar berbeda dari makam yang lainnya..
bukan karena hiasan batu nisan yang paling mewah, justru makam itu hanya terdapat papan penunjuk nama..
bukan karena banyak karangan bunga yang menghiasi makam tersebut, justru makam itu tak terdapat bunga,. kecuali bunga kamboja yang memang di tanam di dekat makam tersebut..
tapii...
karena diatas 3 makam tersebut terdapat rumput indah yang biasa ada dipekarangan rumah orang - orang kaya, bahkan mungkin di taman makam pahlawan.
aku langsung menitikkan air mata melihatnya..
hanya 3 makam itu yang ditumbuhi rumput..
aku pun membaca nama yang tertera di papan penunjuk makam..
"KH. Na'man Zaini", "Akhmed Y Al-Arifin", "Umi Kultsum"
aku langsung membacakan Al-Fatihah untuk mereka semua..
aku tak pernah melihat ini sebelumnya..
Yaa..
Alhamdulillah...
Allah masih sayang pada mereka..

tiba - tiba, kembali ke masa laluku..
saat mereka masih ada..
mereka sungguh sayang padaku..
mungkin karena aku cucu pertama mereka..

aku teringat semuanya..
aku teringat ketika mereka menceritakan kisah nabi saat aku hendak tertidur..
mereka mengajariku untuk mencintai ALLAH..
mereka mengajariku untuk menyayangi Rasulullah..

aku baru sadar ketika orang bilang "nenek dan kakek lebih sayang pada cucunya dibanding pada anak mereka"
aku percaya semua ini..
tapi sayang..
aku terlambat menyadarinya..

semoga Allah memberikan tempat terindah untuk kalian bertiga..
dan semoga Allah mempertemukan kita kembali nanti di surga..

akupun pulang...

ketika aku tanyakan pada pamanku yang lain, ia pernah menanyakan hal itu pada pengurus makam, namun, pengurus makam bilang tak pernah menanami apapun di makam itu..

aku tercengang...
mungkinkah ini terjadi tanpa Kuasa-Mu Ya Allah Ya Mutakabbir

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. "(Q.S Al-Baqarah 2 : 164)

subhanallah...

wallahualam bisshawab
Publisher: FK - 13.39

Kamis, 02 September 2010

Ramadhan

Ya Allah..
gak kerasa yh ramadhan sebentar lagi akan berakhir..

Disaat - saat terakhir ramadhan..
justru baru terfikirkan..
apakah amalan yang telah aku lakukan selama ramadhan ini??

di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini..
apa saja hal baik yang telah kulakukan stiap harinya?

Astaghfirullah...

Semangat...
jangan sia - siakan ramadhan ini..
ramadhan yang tersisa beberapa hari lagi..
Publisher: FK - 13.45