Minggu, 31 Oktober 2010

mudah

mudah marah..
mudah kecewa..
mudah sedih..
mudah gembira..
mudah tertawa..
mudah menangis..

yaa..
mudah..
tapi juga sulit..
sulit memaafkan..
sulit berbaikan..
sulit berhenti..

sulit sekali..!!
Publisher: FK - 13.30

Sabtu, 30 Oktober 2010

,

Wisuda perdana kampus saya

jadi pengen wisuda saya..!!
hiks

melihat mereka..
dengan senyum bahagia..
dengan tawa canda ria...
menyambut hari baru lepas dari masa lalu..

mereka cantik..
juga tampan..
senyum terkembang merekah di bibir mereka..
ada rasa haru merasuk..
rasa bahagia menyertai kebahagiaan mereka..

apalagi yang mendapat peringkat cumlaude..
bukan hanya mereka yang bangga..
bahkan mungkin orangtua mereka pun merasakan hal yang sama..

duduk di kursi yang sama seperti 3 tahun lalu..
saat penerimaan mahasiswa baru..
tempat yang sama..
waktu yang sama..
hanya momen berbeda..

tapi, dibalik itu semua..
tersimpan tanggung jawab yang kian besar..
bukan hanya tanggung jawab diri pribadi..
tapi juga terhadap bangsa dan keluarga..

yaa..
senyum yang penuh arti..
arti bahagia..

namun, jika diingat dan disadari..
mungkin ini awal perpisahan..
semua kembali ke asalnya..
ke kota darimana dia berasal..

tak ada yang tau kapan bertemu lagi..
hari ini bisa jadi hari bahagia sekaligus menyakitkan,..

tapi..
percayalah..
jodoh tak akan kemana..
jika memang berjodoh, perpisahan ini bukanlah untuk selamanya..
tapi untuk memperbaiki diri..

CONGRATULATION..!!
SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU..!!
kakak - kakak 2007 Politeknik Telkom
Publisher: FK - 04.41

Jumat, 29 Oktober 2010

,

kata kunci

Tanpa komunikasi yang dapat dipercaya, hati dan pikiran orang lain tidak akan pernah dapat kita selami..!!-John P. Kotter-(Pakar Manajemen AS)

Orang belajar dengan cara berbeda - beda; dari mendengar, membaca, membaca gambar, menonton..!! - W. Edward Demming -

Tugas anda yang pertama dan yang paling penting sebagai pemimpin adalah mengendalikan energi anda sendiri dan kemudian menyelaraskan energi mereka yang ada di sekeliling anda. - Peter F. Drucker -

Apakah anda belajar hanya dari mereka yang mengagumi anda, dan yang lembut kepada anda, dan selalu mendampingi anda? pernahkah anda belajar dari mereka yang bersikukuh menentang anda, dan bersilang pendapat dengan anda? - Walt Whitman -

Bila dua orang dalam bisnis selalu sependapat, salah satu diantara mereka adalah orang yang tidak berguna. - William wrigley, Jr -

Masa depan bukan suatu tempat yang sedang kita tuju, melainkan sesuatu yang kita ciptakan. lintasan - lintasan menuju kesana bukan ditemukan, melainkan dibuat, dan kegiatan membuat jalan - jalan itu membuahkan perubahan bagi si pembuat dan bagi yang dituju. - john schaar -

jika anda terlalu sibuk dengan salah satu sudut dan mengabaikan begitu beragamnya aspek keseluruhan, jika anda mengambil hanya satu dan menyingkirkan yang lain, yang anda peroleh akan sedikit dan kemampuan anda akan rendah.. - lao Tzu -

Apapun yang membuat anda sukses di masa lampau, tidak selalu akan berhasil di masa yang akan datang - Lew Platt -
Publisher: FK - 15.58

Kamis, 28 Oktober 2010

Bla..bla..bla..

bla..bla..bla..
rasanya kepalaku berat sekali..

innalillahi..
ada ada aja coba.

Publisher: FK - 17.29

BAKA..!!

mau sampai kapan terus begini?? Publisher: FK - 12.37

ask..??

i wanna ask you..

about your self..
about your mind..
about your way..
about your feel..
about your heart..
yes..
everything..
everything about you..!!

i dunno..
what i must do..!!
i dunno..
what i must think..!!
i dunno..
what i must feel..

please..!!
don't disturb me with your act..!!

BAKA..!!
BAKA..!!
BAKA..!!
Publisher: FK - 12.28

Whatever you say

Sometimes..
i feel so angry with everything that people says..

i know..
that myself keep act like a children..
and i know ..
not all people like this..

i'm always try hard to change myself..
but people always says that I'M WRONG..!!
hello..

i have to try to be better..!!
please..
Publisher: FK - 12.20

Selasa, 26 Oktober 2010

tak perlu

tak perlu merasa sendiri..
tak perlu merasa sepi..
tak perlu merasa beban..
ada kalian disampingku..!!
ada kalian mendampingiku..
ada kalian mensupportku..!!
Publisher: FK - 06.55

Senin, 25 Oktober 2010

, ,

Seharian bersama saudaraku..!!

Subhanallah..
Alhamdulillah..

Pujian bagi ALLAH yang tiada habisnya kuhaturkan..
karena dengan izin-Nya lah, aku bisa berkumpul d
engan saudara2ku..

meski cuaca mendung..
hati tetap cerah berbinar..
menatap lembaran baru di depan mata..
yang telah Allah persiapkan untuk kami..

Sebenernya tempatnya biasa aja..
Yaa,..
Pangalengan..
niat awal, sebenernya ada yang mau ceklok bu
at acara school of leader..
panitianya, orang2 dedikasi (departmen pendidikan dan kaderisasi) BEM KBM Politeknik Telkom
akhirnya diputuskan untuk rihlah buat pengurus FOSMA..

perjalanan yang jauh dan melelahkan kalau difikir..
mengendarai motor selama hampir 2 jam..
seperti perjalanan cikarang -
bandung kira2..
dengan kondisi jalan yang lumayan bikin eneg saking hancurnya..
ditambah lagi jalanan yang dinginnya berasa di kutub..
http://www.smileycodes.info

tapi itu semua terbayarkan dengan rasa bahagia..
rasa haru..
rasa cinta..
rasa sayang..
rasa bangga..
rasa memiliki..
rasa menghargai..
berjuta - juta rasanya kukira..
http://www.smileycodes.info

kebersamaan..
kali ini kurasakan kembali rasa itu..
saling memiliki.
.
rasa yang sempat hilang kini tumbuh lagi..
saling menghadirkan..
tak menduga kalau rasa ini akan kembali..

Arayniri Juwono, Intan Afiah, Nindy
Ayu dan saya..

Rayendra Pratama, Prasetyo Adi P, Ahmad Ichsan S, Muhammad Syaifullah, Muhammad Ilham Nugraha, Alwin Bahari, Achmad Ferdi, dan Taufik Fitriyanto..
cuaca hujan tak menghalangi kami..
justru cuaca saat itulah yang terbaik..

menyatu dengan alam..
menyatu dengan yang lainnya..
menyatu dengan hati satu sama lain..
menyatu dengan fikiran satu sama lain..

rasanya pengen teriak..
AKU RINDU SAAT SEPERTI INI..!!

Selain jalan2 acara ini skaligus perpisahan dengan salah satu saudara kami..
Ya kak Alwin bahari..
sedih rasanya..
tapi beliau berkata :
"Raga kita memang terpisah.. tapi yakinlah kalau hati kita tetap terpaut,.."
kurang lebih seperti itu..
So sweet..!!

jadi inget pas masa kejayaan engkong *baca : kak alwin
rindu akan wejangan2 darinya..
semangat berjuang yang tak henti ia tampakkan pada kami..
yang tentunya membuat kami merasa kagum juga iri dengannya..

selamat jalan engkong *baca : kak alwin
semoga engkong sukses slalu..
semoga selalu dalam lindungan ALLAH..
semoga slalu ingat sama kita2 yang baik hati dan tidak sombong ini..
semoga selalu dimudahkan jalannya oleh ALLAH..

======================================================

Senyum yang dulu sempat pudar..
Kini kuraih kembali..
Masa yang sempat terbenam..
Kini terbit lagi..
Rasa yang terkubur terhapuskan hujan..
Kini mekar kembali dan menaburkan aroma harum yang semerbak wanginya..

Rasa cinta..
Rasa sayang..
Rasa haru,,..
Rasa memiliki..
Rasa menghargai..
Rasa Bangga..
Rasa syukur..
Rasa berjuta rasa..

Tak lagi dapat kuungkapkan..
mencoba menerka rongga bahagiaku..
tapi tetap tak kutemukan jawabnya..

Hanya syukur pada ALLAH yang dapat kuucap..
Hanya syukur pada ALLAH yang dapat menjawab semuanya..
Hanya syukur pada ALLAH yang dapat menjadikan indah pada waktunya..

Yaa..
Syukur alhamdulillah..

Hujan yang turun..
Bukan berarti hukuman dari-Mu..
Langit yang mendung..
Bukan berarti teguran dari-Mu..

Dari hujan itulah..
muncul beberapa langkah kecil...
Muncul secercah harapan yang sempat pupus oleh keadaan..

Dari langit mendung itulah..
kekeluargaan yang dulu hilang ditemukan sudah..
cinta yang dulu sempat padam, kini membara dan sulit untuk dipadamkan..

Thanks to ALLAH for everything..!!

-NFK-


AKU SAYANG KALIAN


Publisher: FK - 16.40

Sabtu, 23 Oktober 2010

papa datang

alhamdulillah ...
papaku datang..
meskipun hanya singgah sebentar..
tetep aja alhamdulillah
Publisher: FK - 15.32

Jumat, 22 Oktober 2010

,

pianis

aku ingin jadi pianis..
ingin menuliskan suasana hatiku pada secarik kertas..
kertas musik..
menulisnya dalam bait - bait syair dengan not balok..

dimana tak ada orang yang tau..
dimana aku bisa merasakan hatiku yang berbicara..

aku ingin menjadi pianis..
ingin mengubah suasana hati dengan tuts tuts yang mengalunkan melodi indah..
yang menenangkan jiwa..
Publisher: FK - 16.57
,

tanda - tanda

kayaknya ini uda tanda - tandanya deh..

mata mulai mudah lelah..
mata mudah pusing..

daya akomodasi mulai menurun..
sering mantengin laptop..

jangan - jangan..

tidaakkkk
aku gak mau pake kacamata..
hiks..hiks..
mata saya masih normal kok..
Publisher: FK - 16.54

mimpi

lovin you..
yume wo miteta

ada yang tau arti kata itu??

ya..
mencintaimu..
seperti melihat mimpi..!!


Publisher: FK - 07.51

whatever

always..
and always that..!!
jadi tanda tanya besar..!!

why??
there's something wrong??
i don't know..

maunya sesuai dengan hati saya..
tapi
whatever..
yang penting harus tetap berusaha untuk bersyukur..

----------------------
cause syukur is the expression of say thank you
Publisher: FK - 07.44
, ,

Perubahan

kata siapa indonesia sudah sempurna?
kata siapa indonesia memiliki segalanya?
kata siapa indonesia ramah tamah?
kata siapa indonesia negara damai?

AKU YANG BILANG..!!

indonesia sudah sempurna..
tapi tetap Allah yang menciptakan jauh lebih sempurna
menciptakan sebuah zamrud khatulistiwa yang membentang kehijauan..
ditengah kutub dan gurun..
menjadikannya indah dan sempurna..

indonesia memiliki segalanya..
tapi tetap, itu semua adalah titipan-Nya..
yang menitipkan ragam flora dan fauna tropis
yang menitipkan bangunan - bangunan bernilai sejarah tinggi
yang mungkin keunikannya tak akan ada yang menyamainya
menjadikannya memiliki segalanya yang indah

indonesia ramah - tamah..
tapi tetap, keramahan itu tak lain karena tiupan firman-Nya..
yang menjadikan orang indonesia peduli..
membuat mereka rela terjun kedalam suatu masalah meski membahayakan dirinya sendiri..
yang menjadikan orang indonesia rela berkorban..
yang menjadikan senyum ikhlas orang indonesia..
menjadikannya ramah tamah..

indonesia negara damai..
tapi tetap, kedamaian itu ciptaan Allah..
coba kau lihat ke desa - desa di sumatra, jawa, kalimantan, sulawesi, nusa tenggara, papua, bali, dan pulau lain negara ini..!!
mereka hidup berdampingan ..
berpadu antar etnis yang ada..
saling bahu - membahu membangun bangsa..
menjadikannya damai..

negeri ini butuh perubahan..

negeri ini memiliki segalanya..
negeri ini mendapatkan segalanya..
disini tersedia berbagai macam kebutuhan manusia..

yang tak dimiliki negeri ini hanya rasa bangga..
rasa memiliki..

bersabarlah negeriku..
aku yang akan membanggakanmu..!!
akan kubuat mereka semua diam dengan kelebihanmu..!!
akan kubuat mereka semua berhenti mencelamu..!!
akan kubuat mereka semua memujimu..!!
karena aku..
yang akan membuat begitu..!!

-NFK-
***
indonesia raya merdeka merdeka
hiduplah indonesia raya

indonesia tanah air beta
pusaka abadi nan jaya
indonesia sejak dulu kala
selalu di puja - puja bangsa
Publisher: FK - 07.14

Kamis, 21 Oktober 2010

, , , ,

Ingin jadi...??

beban negara dipundakmu.. tak menjadikanmu gentar..
tapi, beban moral yang melekat padamu..
menjadikanmu kalah dengannya..

pesan sang pahlawan..
untuk para pemuda indonesia
kini tak lagi jadi tolak ukur nasionalisme

beban moral yang melekat, kini tak lagi menjadi hijab
nasionalisme dijual..
kapitalisme, dan liberalisme menjadi moral baru bangsa ini

mau diapakan bangsa ini?

para pemuda kini sibuk..
sibuk berbangga lahir di luar negeri..!!
padahal dalam darahnya mengalir darah perjuangan pahlawannya..

suatu saat akan ada sebarisan pemuda - pemudi..!!
yang akan mengubah citra bangsa ini,..!!
yang akan mengembalikan semangat nasionalisme bangsa ini..!!
yang akan membawa kembali moral yang telah terkikis..!!
yang akan membangunkan jenderal soedirman yang tertidur..!!
yang akan membangunkan pattimura yang tertidur..!!
yang akan membangunkan cut nyak dien yang tertidur..!!

yaa..
aku yakin..
karena itu aku..
aku yang akan membangunkan bangsa ini dari tidurnya..!!

-NFK-
==============================================
menyambut hari sumpah pemuda
28 oktober 2010
Publisher: FK - 22.33

Rabu, 20 Oktober 2010

,

karena ia berbeda

orang menilai orang lain karena kebaikannya..
karena kekayaannya..
karena apapun yang ada dalam dirinya..

tapi.,..
aku menilainya karena ia berbeda..
karena ia spesial..
karena ia tak sama seperti yang lain...
Publisher: FK - 09.50

JAGA

jaga hati..
jaga mata..
jaga fikiran..
jaga diri..
jaga tangan..
jaga bicara..

jaga dan jaga..
Publisher: FK - 09.38
, ,

kesalahan fatal

Di kasih yang bayar, TERIMA KASIH...
Di kasih yang gratis MENGELUH..
kalau diperhatikan..
kata ini cukup ambigu ..
kalau orang hanya berfikir dengan sebelah mata, tentunya akan bermakna, "yang gratis juga kualitasnya ecek - ecek"
tapi coba berfikir lebih luas lagi..!!
dalam kehidupan kita deh

ALLAH ngasih kita mata, masih aja kita NGELUH mata kita kurang ini lah.. kurang itulah..
Heeeeiiiii ini GRATIS..!!
tapi, ketika mata kita sakit, dan harus transplantasi mata *kalau gk salah* dengan biaya yang cukup dan sangat mahal.. kita TERIMA KASIH...

ALLAH ngasih kita udara buat nafas dan angis untuk menyejukkan sekitar, tetep aja ngeluh..
ini GRATIS lhoo..
tapoi, ketika kita terserang penyakit dan harus menggunakan oksigen di tabung, kita TERIMA KASIH..

ALLAH ngasih kita ijin tinggal di bumi-Nya, di bawah langit-Nya.. kita terus ngeluh..!!
ini GRATIS padahal..
tapi, ketika kita diusir dari tempat tinggal, dan setelah nego kita diijinkan tinggal, kita TERIMA KASIH??

banyak banget kesalahan manusia yang mungkin kelihatan kecil, tapi fatal..

Astaghfirullahalazim..
maafkan hamba-Mu yang selalu lupa.. yang selalu ingkar.. yang selalu membangkang..
Innalillahi wa innailaihi rojiun..

kita selalu terjebak dengan tipu daya setan yang sangat halus..

kita mudah berterima kasih pada orang karena kebaikannya..
tapi kita sulit dan bahkan jarang mengucap syukur pada ALLAH yang menciptakan orang yang baik hatinya yang menolong kita..

kita selalu berfikir akan kebaikan orang, tapi pernahkah kita berfikir akan kebaikan ALLAH??

mau jadi apa kita??
jadi orang sombong??
ASTAGHFIRULLAH

mudah tertutup tabir ..
itulah kita..

yukkkk
mulai sekarang kita banyak - banyak bersyukur..
supaya ALLAH sayang sama kita..

"Ucaplah Alhamdulillah
Syukur kita kepada Allah
Ucaplah Alhamdulillah
Syukur kita kepada Allah
Selawat ke atas Nabi
Muhammad Ya Rasulullah
Selawat ke atas Nabi
Muhammad Ya Rasulullah"
-RAIHAN _SYUKUR-
Publisher: FK - 08.51

Jumat, 15 Oktober 2010

hilang

tiba - tiba merasa
semuanya hilang
rasa kekeluargaan
rasa kebersamaan
rasa memiliki satu sama lain
rasa kesatuan
rasa saling menyayangi

rasa yang kuat
yang tertanam dalam hati
kini kurasa memudar

kadang aku merasa sendiri
kadang merasa diabaikan
kadang merasa tak dianggap
mungkin persepsi belaka bagiku
aku yang penuh emosi
aku yang labil
aku yang tak mau dengar kata orang

sampai sekarang masih terkadang merasa kehilangan..
Publisher: FK - 06.17

Minggu, 10 Oktober 2010

, , , ,

Lucu sekali ini

Hii..
ketemu lagi dengan saya dan tulisan saya yang rada menggila kali ini..
http://www.smileycodes.info
kok gila??
sebenernya saya mau membahas keunikan yang mungkin udah crunchy banget di mata temen - temen, tapi ini hal
lucu dan bener2 menarik buat saya..http://www.smileycodes.info
ada yang pernah liat "DELMAN DOMBA"??
ni gambarnya..
<--- Lucu kan??

Yaa..
tertarik buat nulis tentang delman domba, gara2 beberapa kali lewat pasar kaget YPT telkom bandung ada delman kayak gni..
lucu banget deh..
apalagi cara jalan dombanya..
gak tau ini salah satu dari sekian banyak kebudayaan indonesia atau bukan,*kayaknya iya deh..
tapi ini patut di acungi jempol..
meskipun peminat rata2 dari kalangan bocah - bocah cilik, tapi sebenernya saya mau juga..
hhehehe
*huuuuuuu surakin si author..http://www.smileycodes.info
hhahaha... childish banget ya??

yaaa
sebenernya saya cuma seneng liat dombanya..
gilaaa
lucu kali hewan itu..
jalannya itu lhoo..
*membayangkan delman domba
Publisher: FK - 07.20

Sabtu, 09 Oktober 2010

, , ,

Unlike

Liat orang yang semena - mena ... UNLIKE
Liat orang yang gak tau diri... UNLIKE
Liat orang yang sok penting... UNLIKE
Liat orang yang sombong.. UNLIKE

banyak banget sih yang di unlike??

kadang merasa diri paling hebat..
ASTAGHFIRULLAHALAZIM..

heeeiiii...
sadarr..!!

memang..
banyak fatamorgana yang bisa menipu dalam sekejap..
tapi apa mau di tipu terus??
mencoba menolak kemunafikan diri yang justru sangat munafik..

Ya Allah ..
Maafkan..
Maafkan kami,,

begitu mudahnya dosa dibawa ditangan..
seperti membawa debu..
tanpa sadar..
banyak yang menempel di tangan..
Publisher: FK - 23.48

Sabtu, 02 Oktober 2010

,

Miss you mom

Suatu hari seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia. Dia bertanya kepada Tuhan : "Para malaikat disini mengatakan bahawa besok engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara saya hidup disana, saya begitu kecil dan lemah"?

Dan Tuhan menjawab, "Saya telah memilih satu malaikat untukmu. Ia akan menjaga dan mengasihimu."

"Tapi disini, di dalam syurga, apa yang pernah saya lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini sudah cukup bagi saya untuk berbahagia."

"Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari. Dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya dan menjadi lebih berbahagia."

"Dan bagaimana saya boleh mengerti saat orang-orang bercakap kepadaku jika saya tidak mengerti bahasa mereka ?"

"Malaikatmu akan bercakap kepadamu dengan bahasa yang paling indah yang pernah kamu dengar; dan dengan penuh kesabaran dan perhatian, dia akan mengajarkan bagaimana cara kamu bercakap."

"Dan apa yang akan saya lakukan saat saya ingin berbicara kepadaMu ?"

"Malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdoa."

"Saya mendengar bahawa di Bumi banyak orang jahat. Siapa yang akan melindungi saya ?"

"Malaikatmu akan melindungimu, walaupun hal tersebut mungkin dapat mengancam jiwanya."

"Tapi, saya pasti akan merasa sedih kerana tidak melihatMu lagi."

"Malaikatmu akan menceritakan padamu tentang Aku, dan akan mengajarkan bagaimana agar kamu boleh kembali kepadaKu, walaupun sesungguhnya Aku akan selalu berada di sisimu."

Saat itu Syurga begitu tenangnya sehingga suara dari Bumi dapat terdengar, dan sang anak bertanya perlahan, "Tuhan, jika saya harus pergi sekarang, bolehkah Kamu memberitahuku nama malaikat tersebut ?

"Kamu akan memanggil malaikatmu, Ibu."
Publisher: FK - 23.35
, , , , ,

Kata

Tak mudah menguraikan sebuah rasa dalam sebongkah kata yang bermakna..
Kuakui itu..
tapi mudah untuk menerjemahkan sebuah rasa kedalam perasaan lain yang bermakna lebih..
Ya..
Rasa cinta..
Cinta pada Allah..
mengantarkan kita pada orang - orang yang mencintai kita karena Allah..
mengantarkan kita memiliki rasa belas kasihan..
mengantarkan kita memiliki rasa kasih sayang..
mengantarkan kita pada rasa peduli terhadap sesama..
mengantarkan kita untuk mengerti orang lain..
mengantarkan kita untuk memahami orang lain..
mengantarkan kita untuk saling melengkapi antara satu sama lain..
untuk semuanya..
bukankah itu mudah??

tak sesulit menguraikannya dengan kata..


-ifa-
Publisher: FK - 23.02
, , ,

Web-pro kelas paling ramai

aiihhh..aiihhh...
baru kali ini nemu kuliah mahasiswanya rame banget..
hahaha
bayangin aja, 1 ruangan sampe sesak gitu..
kelas terbanyak mahasiswanya selama saya kuliah disini

ya ampun kasian kalian yang telat..
dijamin gak dapet kursi deh..
hihihi

happy saturday..!!
Publisher: FK - 16.35
,

Bermain dengan APSI

This first time i meet with APSI..

pertama kalinya langsung mikir..
mirip sama PSI..
ada use-case..
ada DFD..
mirip juga sama OOP java..
ada class diagram,
ada UML

aku ingat lagi sama tujuanku yang harus kucapai semester 3 ini..
ya..
belajar serius dan sungguh - sungguh..
serta mengatur pola hidup yang gak karuan..

sebenernya udah janji sejak ulang tahun ke -17..
bakal mengubah pola hidup yang ngawur jadi teratur..
pengen ngubah kebiasaan malas jadi rajin..
pengen ngubah semuanya..

menikmati saat - saat menjadi mahasiswa..
Publisher: FK - 09.43

Jumat, 01 Oktober 2010

sang pemimpin

apa yang ada dibenakmu ketika terdengar atau membaca kata ini??
pasti kau berfikir akan sosok yang gagah atau mungkin yang lemah..
mungkin kau akan berfikir tentang presidenmu, tentang suamimu, tentang Rasulullah..
padahal..
tiap - tiap dari dirimu sendiri adalah pemimpin bagi dirimu sendiri..
Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan tiap pemimpin harus bertanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya ". ( HR. Bukhari )

tapi..
bagaimana jika seorang pemimpin tak tegas??
terlebih pada dirinya sendiri

aku akan memaki diriku sendiri jika itu terjadi..
Ya..
memang sulit untuk tegas, terlebih pada diri sendiri
banyak masalah yang justru tak semuanya dapat menyemangati kita
bahkan mungkin masalah kecil yang tak terfikirkan bisa membuat pertahanan kita runtuh seketika..

aku teringat akan sosok yang memimpin diriku ..
ya..
ayahku..
laki - laki yang paling tegas, termasuk pada dirinya sendiri
aku kagum pada ketegasannya
aku kagum pada kesabarannya
aku kagum pada ketabahannya
aku bangga menjadi anaknya

aku pernah berjanji pada diriku sendiri
jika aku dipimpin oleh seseorang yang kurang baik
aku akan berusaha membuatnya menjadi baik
jika ia tak tegas, aku akan membuatnya tegas
jika ia terlalu lemah, aku akan membuatnya kuat
jika ia kekanak - kanakan, aku akan membuatnya dewasa
tentu semua dengan caraku sendiri
karena aku yakin, ia bukan tak bisa tapi belum bisa

mungkin aku tak pantas berlaku seperti itu
kuakui.
aku masih kekanakan
aku masih lemah
aku juga kurang tegas
aku emosional
tapi itu dia..
trigger untuk diriku sendiri
belajar untuk mengalahkan diri sendiri
mengalahkan segala energi negatif yang ada pada diriku..

aku yakin aku bisa..
dan akupun yakin mereka bisa

Ya Allah, maafkanlah aku..
mudahkanlah jalanku menuju ridhamu..
Publisher: FK - 07.05