Kamis, 30 Juni 2011

DIA

kamu gak bisa mencintaiku selamanya..
tapi DIA bisa..
kamu gak bisa menjagaku terus - terusan..
tapi DIA bisa..
kamu gak bisa selalu disampingku..
tapi DIA bisa..
kamu gak bisa selalu hidup untukku..
tapi DIA bisa..
kamu gak bisa menguasai hatiku..
tapi DIA bisa..
kamu gak bisa tanpa DIA..
begitupun aku..
akupun tak bisa tanpa DIA..
Dia Allah Ar-Rahim yang Maha Mengasihi..
Dia mampu mencintai makhluknya seadil - adilnya..
Dia Allah Al-Muqit yang Maha Menjaga..
Dia mampu menjaga kita sebaik - baiknya penjagaan..
Dia Allah..
Dia Allah..
Dia Allah.. :]

Jadi..
it's only Allah in our heart :]

-nfk
Publisher: FK - 10.01

Rabu, 29 Juni 2011

about

True love is not something that comes everyday..
Follow your heart, it knows the right answer :]
-Fosma 165 Politeknik Telkom
Publisher: FK - 12.56

Selasa, 28 Juni 2011

Saya lagi merasa Allah sayang banget sama saya.. :]
jadi terharu..
kenapa??
karena banyak banget yang bisa diambil dalam waktu bersamaan :]
lagi sakit *entah ini batuk, jangan sampe kena paru - paru basah*
saya jadi gak boleh pulang malem..
dan ada hal lain, yang bener2 mungkin jadi tanda kalau Allah lagi sayang banget sama aku..
Alhamdulillah..Alhamdulillah..Alhamdulillah..

:]
Publisher: FK - 20.50

semangat tinggi

sabar kawan
perjuangan ini masih panjang
dan medan yang kita lalui saat ini belumlah seberapa
jika dibandingkan medan yang dilalui mereka
medan ini masih jauh lebih ringan dibanding medan yang ditempuh Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam..
semangat kawan,,..
penyesalan kali ini tiada kan berguna..
jika ternyata kita hanya meratapi penyesalan yang ada..
tanpa berusaha bangkit dari keterpurukan singkat ini..
mungkin hati lelah..
mungkin jiwa shock.,.
mungkin fikiran kosong..
tapi yakinlah..
akan janjiNya..
yang akan meneguhkan keimanan kita..
yang akan menyokong kita dari segala arah..
sekarang..
masih terlalu dini untuk menyerah..
masih terlalu muda untuk mengalah..
kita masih bisa bangkit..
tenaga kita masih banyak..
kita baru saja terbangun dari tidur..
dan hanya beberapa saat hingga kekuatan kita kembali..
dan kita berani maju menghadapi semua..
bangun sahabat..
ini bukan kekalahan kita..
ini hanya kerikil kecil yang harus kita atasi untuk mencapai sebuah kemenangan..
semangat sahabat..
Innallaha ma'ana :]

-nfk
Publisher: FK - 15.11

Senin, 27 Juni 2011

pernah berharap

aku pernah berharap..
bersamamu..
ingin ku lukis langit..
dengan cita - cita kita..
dengan cerita bahagia bersama..
dengan indahnya rasa syukur..
aku ingin berbagi..
bersamamu untuk memahami..
juga untuk mengerti..
yang bukan hanya sekedar mengerti..
tapi bersama berbagi..
mencerahkan hari dengan senyum..
menebarkan cinta untuk semua..
bersamamu..
itu adalah pilihanku..
bersama dalam suka..
bersama dalam duka..
meski aku masih labil..
dalam kata..
dalam tingkah..
dalam sikap..
aku harap kau masih mau bersamaku..
aku masih ingin melukis langit..
dengan cerita selama ini..
meski tiada yang patut diceritakan..
meski tiada yang indah diberitakan..
setidaknya..
merealisasikan cita - cita kita..
bersama..


-nfk
*aku masih menantimu dengan janjimu padaku ^_^
Publisher: FK - 17.40

Minggu, 26 Juni 2011

menjadi hafidzah

 saya :
"kalau udah jadi hafidzah mending langsung nikah ya mbak?"
"bagusnya sih iya, soalnya buat menjaga hafalannya :], biar ada yang ngingetin juga, soalnya kalau kita jadi hafidzah ngelakuin satu maksiat kecil pun hafalan kita pasti kacau"

berarti yang namanya hafidz/ hafidzah bener - bener terjaga ya akhlaknya ^_^
semoga bisa ^_^

-nfk
Publisher: FK - 22.13

curcol ~

futur..
ternyata menyedihkan..
sangat memilukan..
sungguh memberatkan..
hati yang biasanya tenang..
dilanda kegundahan yang tak tergambarkan..
hati yang biasanya tawadhu'
diguncang kegalauan luar biasa

futur ini sungguh buruk..
sangat buruk.!!
bahkan aku tidak sungkan mengutuknya..
mungkin bisa jadi batu..
atau dilenyapkan dari bumi..

aku ingin engkau pergi..!!
dari kehidupanku
tidak perlu meninggalkan bayangmu disini
karena kau sama sekali tidak pernah kurindukan
dan aku tegaskan
tidak akan kurindukan..!!

aku ingin sekali,..
engkau tidak menungguku untuk bertemu
karena bertemu denganmu sungguh pilu
aku kehilangan semangatku
aku kehilangan niatku
dan itu hanya gara - gara kamu

jadi saya harap
kalaupun kamu ada di dekat saya..
segeralah kamu pergi
karena kamu tidak diharapkan disini

*curcol aneh tentang futur yang aneh
-nfk
Publisher: FK - 21.43
harus tetap bertahan ??
atau mundur dengan alasan yang sama seperti mereka?
bukankah harusnya aku yang buktikan??
tapi mau bagaimana?
justru semakin banyak yang menguji..
akan tetap seperti ini
atau ikut akan hal yang bertolak belakang dengan hati?
Publisher: FK - 12.54
pernah gak??
ketika merasa kosong..
tapi ingin tetap terlihat bahagia..
supaya kosongnya itu gak merugikan..
supaya kosongnya itu gak jadi malapetaka..
tapi
ekspresi kebahagiaan kali ini sepertinya salah..
tapi..
gak baik juga dipendam..
Publisher: FK - 12.48

Sabtu, 25 Juni 2011

Presentasi XML

akhir yang indah..
dengan kata - kata
"silahkan tutup presentasinya"

entah..
bisa dibilang menyenangkan atau menyedihkan..
selesai dengan baik atau dengan tidak terhormat..
yang penting "JUJUR"

dan semoga "sidang perceraian" kita jadi lebih baik untuk saya..
Publisher: FK - 17.45
skenario yang bagus banget..!!
harus sesak nafas di saat yang gak tepat..
gak mungkin nangis.. :'[
Ayolah yaa..
kalau bukan gara2 saya yang sakit, gak bakalan saya pengen buru2..
Publisher: FK - 15.40
sejujurnya..
dari hati yang paling dalam,
saya katakan, saya tidak tega..
maaf kalau menangis :'[
Publisher: FK - 00.30

Jumat, 24 Juni 2011

kau takkan pernah tau..
mengapa aku bisa menyerah setelah aku berusaha
mengapa aku menangis setelah aku bahagia
mengapa aku bisa takluk hanya dengan satu kata yang terucap
sebagus apapun kamu..!!
kamu salah satu pembunuh yang paling saya tidak suka..
dan daripada saya banyak berurusan dengan kamu..
lebih baik saya secepatnya menghindar..!!
saya hanya gak mau membunuh diri saya sendiri..
dengan perlahan mematikan semangat saya ketika dekat denganmu..
dengan perlahan membunuh harapan saya ketika bicara denganmu..
dengan perlahan menghancurkan cita - cita saya hanya dengan satu kata dari kamu..!!
saya tau kok gimana kamu..
dan apa yang kamu mau..
tapi asal kamu tau,,.
tidak semua orang bisa selalu setuju dengan kamu..!!
karena kali ini saya bilang TIDAK..!!

*this is what, or who??
Publisher: FK - 11.13

haha.. barbie?

"emang saya barbie"
"apa kamu bilang? saya barbie?"

kalau aja kalimat kedua setelah kata "saya barbie" gak usah ada tanda tanya..
itu bisa disebut pengakuan kan??
kalau diganti tanda seru..!! pasti bagus..

-nfk
Publisher: FK - 11.02

Kamis, 23 Juni 2011

kasian

di kubikal sama orang yang "stress" gara - gara TUGAS BESAR..!!
masyaAllah..
semoga dimudahkan ya..
:p
saya seneng liat orang stress gara - gara tubes..
tapi pasti saya do'ain kok..!! liat aja di atas ..:D
Publisher: FK - 14.04

Selasa, 21 Juni 2011

alhamdulillah

mungkin inilah alasannya
mengapa aku tidak boleh iri
sedikitpun..
pada mereka yang dikelilingi orang - orang hebat..
kenapa??
karena semua yang ada di sekeliling saya adalah orang - orang hebat..
mereka semua..
setidaknya masing - masing mengajarkan satu ilmu pada saya..
dari mereka aku belajar..
menghargai orang lain..
menjadi ibu yang baik..
menjadi muslimah sebenarnya..
menjaga amarah..
belajar semuanya..
masih sangat banyak ilmu yang tidak sanggup kusebutkan..
cara mereka mangajariku..
dengan nasihat..
bahkan dengan tingkah mereka sendiri..
yang membuatku berfikir bagaimana baiknya..
saya bangga..
dan saya beruntung..
jadi gak perlu iri.. >.<
Publisher: FK - 16.20

ukhuwah

Kenapa saya bahagia??
Karena saya melihat kamu bahagia..
Kenapa saya bersedih??
Karena saya melihatmu susah..
Kenapa saya khawatir??
Karena saya tak bisa membantumu dikala kau kesulitan..
Kenapa saya menangis??
Karena ternyata saya benar - benar tak bisa berbuat apapun untuk membantumu..
Kenapa saya marah??
Karena saya tak tau harus bicara apalagi untuk meyakinkanmu..

Mungkin ini kedengarannya aneh..
tapi aku bisa meyakinkan diriku sendiri..
kalau ini kenyataannya..

ukhuwah ini sungguh sulit dibohongi..
sulit untuk berdusta diatas ukhuwah ini..

hati selalu terpaut..
lidah selalu tak lupa mengucap do'a untuk yang dicinta..
keinginan untuk selalu bersama menggebu..
makin hari makin menguat..

semoga ukhuwah ini yang terbaik :D
Publisher: FK - 12.13

Minggu, 19 Juni 2011

bukan jalan yang terbaik

Assalamu'alaikum..
dear readers..
saya mau posting geje untuk yang kesekian kalinya.. :D
kali  ini adalah tentang shortcut (jalan pintas)
bukan tentang CTRL + A untuk select all
tapi tentang jalan pintas dalam menghadapi masalah..

entahlah..
ini pernah dideklarasikan atau belum..
tapi saya membuat definisi saya sendiri..
"terkadang jalan pintas bisa jadi solusi untuk menyelesaikan masalah ..
tapi JALAN PINTAS TIDAK SELALU JADI SOLUSI..
bisa jadi jalan pintas adalah awal dari sebuah masalah baru yang mungkin dampaknya akan lebih besar dari masalah sebelumnya"
jalan pintas yang kayak gimana sih??
nih contohnya :
1. Pengen Cepet Kaya

Jalan Asli : ikhtiar dan berdo'a sungguh - sungguh
” Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina" (QS Al Mu’min [40] : 60).

Jalan Pintas : 
  • Ngepet
  • Maling
  • Morupsi
  • Meminta pada selain Allah *syirik*



Akibatnya : DIPENJARA, DIASINGKAN dan yang terburuk MASUK NERAKA

MasyaAllah.. gak bagus ditiru.. jadi CORET

2. Pengen Lulus Ujian
Jalan Asli : Belajar sungguh - sungguh

Jalan Pintas : 
  • mencontek
  • kerja sama saat ujian



Akibatnya : Gak lulus, Nilai E, DO
MasyaAllah.. mau jadi apa bangsa kita kalau "jalan pintas" yang selalu dijadikan solusi??

3. Ingin Dapet Predikat "SARJANA"

Jalan Asli : Kuliah yang bener, belajar yang rajin

Jalan pintas : Beli ijazah jadi di pasar LOAK..

Akibatnya : Masuk Hotel Prodeo


4. Ingin Dapet Jodoh yang baik

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)” (An-Nur 26)
Jalan Asli : Perbaiki kualitas diri kita, banyak - banyak muhasabah


Jalan pintas : Jadi Playboy
jadi playboy buat nyeleksi siapa yang paling baik..
SORRY BOY.. That's not a good way..

Akibat : Banyak yang nyumpahin gara2 sakit hati >.<

5. Ingin diterima kerja
Jalan Asli : Ikhtiar

Jalan Pintas : Pake uang pelicin

Akibatnya : GAJINYA HARAM
Abdullah bin Amr bin Al-Ash Radhiyallahu 'Anhuma berkata,
لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِي وَالْمُرْتَشِي .
“Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melaknat orang yang menyuap dan yang minta suap.” [HR. Abu Dawud] 

6. Tertekan karena banyak masalah
Jalan Asli : Berdo'a mohon petunjukNya, minta diberikan kekuatan untuk mengatasi masalah

Jalan Pintas : Bunuh Diri
diriwayatkan dari Jundab ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "seorang lelaki terluka dan bunuh diri, maka Allah berkata, "Hamba-Ku mendahului-Ku dengan membunuh dirinya sendiri maka Aku haramkan surga untuknya"".

 Akibatnya : Gak Diterima di surga
ini yang paling mengerikan
diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "ia yang bunuh diri dengan mencekik dirinya sendiri, di neraka ia akan terus menerus mencekik dirinya sendiri dan ia yang bunuh diri dengan menikam dirinya sendiri, di neraka ia akan terus menerus menikam dirinya sendiri".

Innalillahi wainnailaihi rojiun..
Banyak banget jalan pintas yang gak baik..
Ayo kawan..
dalam kehidupan kita, apapun pilihan kita, pasti kita pertanggung jawabkan di Pengadilan Akhirat
dengan hakim langsung yang paling adil Allah Al-Adl
dan Rasulullah yang jadi saksi langsung
apa gak malu, kita mengaku umat Rasulullah, tapi masih aja gak mengindahkan wejangan Beliau??

Ayoo..!!
Semangat Muhasabah :D

-nfk
Publisher: FK - 19.59

jangan

Cukup jadikan aku yang terakhir..
setelah Allah dan RasulNya dan orangtuamu juga saudara2mu..
jangan jadikan aku yang terakhir, setelah ada yang lain selain Allah dan RasulNya, serta orangtuamu dan saudara2mu..
jangan juga ada yang selanjutnya setelah aku yang terakhir..


*statement tergalau
-nfk
Publisher: FK - 18.25

sesal

dan ketika semua terkesiap..
aku hanya bisa memandang sambil terpaku..
dan kemudian menunduk malu..
merasakan betapa lemahnya diri ini..
betapa bodohnya jiwa ini..
betapa angkuhnya hati ini..
perlahan - lahan..
tapi pasti..
rasa bersalah menggerogoti hati..
marah pada diri sendiri..
atas kebodohan dan keangkuhan yang masih saja terulang hingga saat ini..
mau sampai kapan??
hanya introspeksi tanpa perubahan berarti..
hanya maju selangkah setelah mundur tiga langkah..
bukankah memilukan??
sangat memilukan mungkin..
ketika sudah tidak ada lagi kemampuan lidah untuk berbicara..
apa yang akan kau jadikan saksi bagus untuk membelamu nanti??
untuk membela di pengadilan akhirat..
ketika lidah terkunci..
dan kata, sudah terhapuskan..
hanya tangan..
hanya kaki..
hanya bagian tubuh lain yang memiliki kesempatan..
bukankah menyedihkan, jika tangan ini berkata hal apa saja yang dia lakukan..
tidak akan ada kesempatan untuk bohong..
silahkan saja kalau bisa..
karena kenyataannya tak akan bisa, dan takkan ada kesempatan..
mungkin kita bisa menyesal..
tapi..
bukan nanti..
saat ini adalah saat yang paling tepat menyesalinya..
sebelum masa dimana sesal takkan diterima..
sebelum masa dimana taubat ditolak..
 :D

-nfk
Publisher: FK - 09.41

Sabtu, 18 Juni 2011

OC NSO 2011

Alhamdulillah
inilah daftar OC NSO 2011 yang insyaAllah akan membantu berkontribusi dalam mensukseskan NSO 2011 :D

OC NSO 2011



DOC 1 Tegar Razzaaq Winarso



EAT 1 Devki Rekhana Zanna
2 Tania Faradhila



FT 1 Bobby Fajrianto
2 Arfiani Hasyimi



ET 1 Mulyadi
2 Alfiani Maimana
3 Angga Tri Asmoro
4 Arinda Kusuma Wardhani
5 Febriadi Santosa
6 Kharisma Asri
7 Agung Sidiq



APT 1 Yogi Andiantoro
2 Hermansyah
3 Megawati Dini A.
4 Titin Handayani
5 Winda Samanhta



PDT 1 Hudzaifah
2 Luthfi Fachrullah
3 Winda Widiawati Lestari Putri
4 Irna Tantiana



TET 1 Gilang Agradiputa
2 M Yuzar Pratama
3 Nizar Maftuh Ahnan
4 Roni P. Butarbutar
5 Ardhi Sofyan Wibowo
6 MHD. Ruddin Rizky
7 Yudha Afgani M
8 Cecep Nur Arif
9 Koko Yanto Simamora



FDT 1 Anjar Dwi Kurniawan
2 Novianti Nur Kharuspita Sugiantini
3 Fajri Rahman Ghazali M. Yajid
4 Muhammad Rofi Arofah
5 Agus Tri Utomo



MT 1 Adi Gumilar
2 Indana Sakinah
3 Astri Gustiani
4 Iriando Manurung
5 Fikri Zuhron Ramadhan S



DT 1 Prima Fathana
2 Janur Wibisono Wibowo
3 Biyan Septian
4 Afiatus Sholikhah Fitri
5 Ira Rosanta Pakpahan
6 Nurfadhilahn Fitrah
7 Sheptian Suci Pratiwi
8 Audia Inayah



MVT 1 M David Hadi Santoso
2 I Wayan Surya P.
3 Dwina Artatih
4 Cicilia Natalia



GT 1 Riznan Yunus
2 Rizal Fiqri
3 Angga Pratomo
4 Bambang Nur Alamsyah
5 Happy Ary Roziqie
6 Hendra Nurdiyanto
7 Rijal Muttaqin
8 Fandy Ardi Wijaya
9 Fadhli Hamidi
10 Bimo Aryotejo
11 Andhika Bayu Pakarti
12 Muhammad Rif’at Elyadika
13 Prayudha Lazuardi
14 Dedy Pradana
15 Budi Darmawan
16 Abdullah Hanifan
17 Rolin S Siringo
18 M Doni Munggaran
19 Maulana Nur Izaki
20 Antony Sinaga
21 Novian Nanda Purnama
22 Faizal Fahmi
23 Lendra Permana
24 Estina Netalia
25 Rosa Faridhatul Hasanah
26 Nur Septi Qomariah
27 Citra Satya
28 Aditya Wardhani
29 Dayu Krismaya
30 Suci Fadzilah
31 Naziah Amalia
32 Irma Nurkhamidah
33 Thresa Lumban Raja
34 Ina Stiyawati
35 Gisellia Sonya Nadyastuti
36 Ilma Oktavianti
37 Adila Nawariana
38 Soffa Sahara
39 Dini Kurniati
40 Deshinta Septiani
41 Diana Habibah Adzhani
42 Yossi Rillianda Putri
43 Gloriastuti S. S
44 Hosiana M. N
45 Shinta Syirvina
46 Mayang Kaniaputeri
47 Dewi Hagansanthi Laksmi Mayura
48 Dahniar Apriyani
49 Debbie Anggi Julianti
50 Michelle Amanda Martin Putri
51 Latifah Subarkah

Total 103
Note : Nama di no urut pertama setiap divisi adalah koordinator di divisi tersebut






TIMELINE
Waktu Keterangan
Senin, 20 Juni, 18.30, lobby PDKT / Silahturahmi, seragam hitam putih + vest
Jumat, 24 Juni, 18.30, lobby Ikatan Amanah / Kontrak Kerja, seragam hitam putih + vest
Publisher: FK - 23.28

Rabu, 15 Juni 2011

:D

karena aku yakin
meskipun kini aku bukan siapa - siapa
bahkan bukan apa - apa
tapi kau akan buktikan dengan matamu
bahwa di waktu yang lain dari saat ini
adalah aku jadi lebih baik dari aku yang kau kenal saat ini..

-nfk
Publisher: FK - 14.18

Selasa, 14 Juni 2011

kasur

aku lelah.. >.<
boleh gak pinjam kasur??
*karena pinjam pundak gak enak, mendingan kasur aja, nyaman :D

-nfk
Publisher: FK - 17.45

Senin, 13 Juni 2011

beruntung

pernah gak sih kita berfikir??
kalau kita ini beruntung..
sangat beruntung..

kalau dihitung..
dosa kita setiap hari..
dari lisan..
dari tangan..
dari badan..
dari organ tubuh lainnya..
sedikit tapi sering..

tapi..
ketika kita ada masalah..
disitu Allah menolong kita..

kurang beruntung apa lagi coba??

dari dosa yang kita miliki..
Allah berniat menghapusnya dengan sakit..
supaya apa??
supaya nantinya kalau kita ketemu Allah di surga, kita udah bersih dari dosa..
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :
“Artinya : Cobaan tetap akan menimpa atas diri orang mukmin dan mukminah, anak dan juga hartanya, sehingga dia bersua Allah dan pada dirinya tidak ada lagi satu kesalahanpun”. (Isnadnya Hasan, ditakhrij At-Tirmidzy, hadits nomor 2510. Dia menyatakan, ini hadits hasan shahih, Ahmad 2/287, Al-Hakim 1/346, dishahihkan Adz-Dzahaby).

sekarang fikirin lagi..
kurang baik apa Allah??
kurang beruntung apa kita??
Allah ingin kita bertemu denganNya tanpa ada kesalahan..

ALLAHUAKBAR..

dalam keadaan kita yang (bisa dibilang) saat ini masih ogah - ogahan
ngejalanin perintah Allah
yang masih kadang diperbudak nafsu
yang masih kadang dihambakan setan (egois)
Allah sayang banget..
Allah masih mau menolong kita..
apalagi..
kalau kita coba untuk mengalahkan nafsu
membuat setan menangis *dengan amalan kita
dijamin 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 persen
masih dikali 100
dikali lagi seribu
satu juta kalilipat lebih besar
Allah bakalan lebih sayang lagi sama kita..
nih dalilnya
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasullullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Allah Ta’ala berfirman : "Aku menurut sangkaan hambaKu kepadaKu, dan Aku bersamanya ketika ia mengingatKu. Jika ia ingat kepadaKu dalam dirinya maka Aku ingat kepadanya dalam diriKu. Jika ia ingat kepadaKu dalam kelompok orang banyak maka Aku mengingatnya dalam kelompok yang lebih baik dari padanya. Jika ia mendekat kepadaKu sejengkal, maka Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia datang kepadaKu dengan berjalan maka Aku datang kepadanya dengan berlari-lari kecil''. (Hadits ditakhrij oleh Ibnu Majah).
 beruntung kan kita??
nah,,
biar semakin beruntung..
yuk kita lebih dekat lagi pada ALLAH..
masa iya sih, kita udah dikasih yang enak - enak, kitanya malah ngejauh *gak sopan itu namanya

ayoo..
Fastabikul khairat.. :D

-loveloveloveforever
-nfk
Publisher: FK - 09.21

Minggu, 12 Juni 2011

,

cinta tak terhitung

sekalipun telah kuucapkan sebanya 999.999 kali kata
"AKU MENCINTAIMU"
tetap saja..
cintaMu jauh lebih besar dari yang ke 1.000.000
bahkan mungkin
bukan hanya lebih besar dari yang ke 1.000.000
tapi jauh..
sangat jauh,.
lebih jauh lagi..
dari ungkapan "TAK TERHINGGA"
jadi...
sekalipun aku memiliki cinta yang tak terhingga untukMu
Engkau punya lebih dari yang tak terhingga yang kumiliki saat ini.. ^_^



*untold love
-nfk
Publisher: FK - 22.03

kamu[27]

rasanya udah lama ya..
gak tanya - tanya kabar..
yups..
bisa dipastikan, kali ini saya terjebak "RINDU"
lumayan besar untuk kamu..
tapi saya gak tau..
mau diapakan rindu yang terlanjur besar ini.. :'[
ada ide??

-nfk
Publisher: FK - 12.27

Sabtu, 11 Juni 2011

studi kasus

jangan kau tanya aku
bagaimana caranya merelakan perpisahan ini..
karena sulit untuk merelakannya..
sulit untuk melepaskannya..
dan satu -satunya yang kuingat sampai saat ini..
adalah ternyata kalian mengisi lebih dari setengah masa peralihanku..
dari anak - anak 
menuju kedewasaan..
kalian mengisi setengah kehidupanku di kota ini
yang pada awalnya aku linglung
hingga kini aku bebas berlari dan bermain di kota ini
satu yang kini jadi keyakinanku
atas kebersamaan selama ini..
atas kegilaan yang kita rasakan bersama..
atas tawa yang kita gelakkan bersama..
perpisahan bukanlah akhir
perpisahan hanya studi kasus
yang mengajarkan kita bagaimana indahnya kebersamaan
yang menunjukkan kita akan arti kehidupan
yang menjelaskan kita satu hal
"bahwa bagaimanapun juga, kita tak boleh menyiakan sedetikpun kesempatan kita di dunia ini, kesempatan untuk mempertahankan apa yang kita miliki, kesempatan untuk mensyukuri segala yang telah diberikan olehNya untuk kita"
ya..
aku yakin..
perpisahan..
atau apapun itu..
yang menimbulkan pilu..
yang membuat sakit jadi perih..
yang membuat sedih..
hanyalah studi kasus untuk persahabatan kita dan persaudaraan kita..

-tulisan ini aku dedikasikan untuk teman - teman phoenix...maaf ya temen - temen phoenix udah bikin kalian nangis bombay dengan postingan sebelumnya..hehehe :D..-

*unconditionally love
-nfk
Publisher: FK - 08.20

Jumat, 10 Juni 2011

memori

aku harus ikhlas
ketika akhirnya akan datang perpisahan
setelah pertemuan indah sebelumnya
aku harus tabah
menghadapi kesendirian
yang akan segera datang setelah kebersamaan
aku harus berani
berjalan di kegelapan
setelah kehilangan cahaya
aku harus tahan
berada pada kesepian
yang sebelumnya adalah sebuah keramaian
aku harus kuat
menghadapi kedinginan kalbu
yang kini kehilangan kehangatannya
dan akhirnya
aku harus siap
menunggu kematian menjemput
setelah kehidupan yang singkat ini

meskipun sampai sekarang aku hanya sedikit mengerti
juga memahami
untuk apa ada perpisahan
yang menimbulkan pilu
untuk apa ada gelap
yang mengundang tangis
untuk apa ada sendiri
yang membuat sedih
untuk apa ada gelap
yang meninggalkan duka
untuk apa ada kematian
yang membuat kesedihan dan kepiluan semakin meradang

ingin berteriak kalau boleh
ingin menangis jika diijinkan

tapi sayangnya..
itu hanya jadi khayalan..
yang takkan pernah jadi nyata..
takkan ada ijin untuk berteriak atau menangis..
bahkan kalaupun tidak sanggup..
tetap tidak boleh..

terkadang..
dari perpisahan yang pilu itu..
dari kegelapan yang menyedihkan itu..
dari kesendirian yang menyakitkan itu..
dari kesepian yang menakutkan itu..
bahkan
dari kematian yang memilukan
terselip rindu..
atas pertemuan indah sebelumnya
yang menjadikan hidup bercahaya..
dan terasa ramai dan bersahabat..
hingga takkan takut pada kesendirian dan kegelapan..

dari pertemuan yang sedikit
menitipkan banyak memori kehangatan
satu - satu
jadi banyak..
dan bertambah banyak
dengan bumbu kebersamaan dan kehangatan

meskipun ini hanya bisa jadi harapan
yang masih setia memberikanku kekuatan
aku ingin bertemu lagi..
berjumpa..
berbagi cerita..
mengukir memori indah di ingatan masing - masing
dengan gelak tawa lepas..
dengan ungkapan kebahagiaan atas cinta yang banyak..

itu memang memori dulu
yang mungkin hampir saja hilang karena tak cukup untuk menampungnya
tapi..
aku harap kau masih mengingatnya..
sekalipun ada bagian yang tak ingin kau ingat..
aku harap kau selalu tau
bahwa aku ingin berjumpa kembali denganmu
tertawa bersamamu
menangis bersamamu
bahagia bersamamu

"karena bersamamu adalah memori terindah yang takkan mungkin terlupakan dengan begitu mudahnya dan begitu mudahnya terhapus"

*tulisan ini aku persembahkan untuk sahabatku di PIS0906, yang sebentar lagi kita mungkin gak akan ada dalam 1 kelas yang sama.. yang sebentar lagi mungkin kita gak akan bolos bersama, gak akan tertawa bersama dalam satu ruangan"


-nfk
Publisher: FK - 22.04

belajar sedikit

belajar
bukan untuk kamu
tapi untuk diriku sendiri
jadi lebih baik
bukan untuk kamu
tapi untuk diriku sendiri
melakukan yang terbaik
bukan untuk kamu 
tapi untuk diriku sendiri

kau tau kenapa??
karena ini bukan tentang aku yang sombong kepadamu
bukan tentang aku yang cuek 
bukan tentang aku yang tak peduli
padamu
atau pada kalian

tapi ini tentang menjadi diriku sendiri

bagaimana aku bermanfaat
untuk diriku dan untuk orang lain
bagaimana aku mandiri
untuk diriku dan orang lain
bagaimana aku diharapkan
untuk diriku dan orang lain
bagaimana aku diandalkan 
untuk diriku dan orang lain

jadi maaf..
kalau sementara aku harus egois
bukan aku benci
bukan aku marah
bukan aku muak
bukan aku kesal
ataupun itu ekspresi ketidaksukaanku padamu

aku hanya ingin berniat
yang tulus dan lurus
untuk masa depanku dihari besok, lusa dan besok lusa lainnya
yang selama ini sudah sangat cukup terkena intervensi dari yang lain
hingga hampir saja aku gagal lagi

mungkin akan aku cukupkan
bermain yang tak perlu
bicara yang tak ada esensi
meski rupanya sulit
sangat sulit
tapi mana tau bila tak mencoba
sedikit gertakan pada diri sendiri mungkin akan baik
meski pada kenyataannya aku benci gertakan
dan sangat membencinya
tapi mungkin itu yang terbaik

biarkan aku mencoba
setidaknya untuk belajar
mengerti apa yang sedikit

-nfk

Publisher: FK - 15.17

Kamis, 09 Juni 2011

menyebalkan

jadi orang menyebalkan enak kali ya?
gak perlu sibuk mikirin perasaan orang lain..
gak perlu susah ngerasain penderitaan orang lain..
gak perlu repot ngurusin kata - kata orang lain..
banyak hal yang biasanya perlu jadi gak perlu..
tapi..
apa sanggup hati dan fikiran ini berpaling..
dari apa yang seharusnya menjadi fitrah diri..
dan tiba - tiba ingin dimatikan begitu saja..
bagaimanapun itu menyakitkan..
terutama untuk diri sendiri
karena tak ada yang punya rasa
dan karena memang tak ada yang sanggup seperti itu
lalu??
kembali ke jalannya aja deh..

-nfk
Publisher: FK - 23.04
itu sederhana kok
memulai dari hal kecil
gak perlu yang buat pusing
cukup apa yang ada di hati
dan fikiran saat itu
mungkin ababil
tapi ini jalan mudahnya

:'(
Publisher: FK - 18.23

ggrrr

buat apa ??
ya buat masa depan..
terus kalau udah di masa depan buat apa??
buat diamalkan untuk kehidupan selanjutnya..
"apa peduli kamu hah??"
Publisher: FK - 18.15




*kayaknya ini kostum pernikahan Minang #kalaugasalah
tapi bagus ini
Publisher: FK - 15.04

hati - hati

Dari semua ketidaktauan saya
dan semua rasa ingin tau saya
yang mungkin berlebih
atau keterlaluan
mungkin kau JERA
sangat JERA mungkin
tapi
dari yang mustahil itu
terlihat semuanya
yang kau sembunyikan dari mataku
yang kau sembunyikan dari semua
yang kau tutupi dengan sangat rapat

*hati - hati dengan orang munafik -_-"
Publisher: FK - 11.53

Rabu, 08 Juni 2011

cinta [sampai bosan]

jatuh cinta itu tak perlu diawali dengan rasa suka
atau bahkan rasa tertarik
apalagi hawa nafsu untuk memiliki
tapi cinta itu bisa dengan mudah kita dapat
dengan seiring kebersamaan yang berjalan
atas dasar cinta hakiki
dan itsar yang jadi pondasi
juga dengan tujuan mulia
bumbu bumbu cinta akan semakin manis
dengan serbuk kejujuran
yang meskipun sedikit, manisnya sungguh luar biasa

ya..
memang jatuh cinta tidak mudah..
tapi mudah untuk yang cintaNya tulus
bukan karena hasrat
bukan karena nafsu

cinta tak mudah
bagi dia yang tak butuh cinta

tapi cinta sangat mudah didapat
dengan hidup sesuai ketentuanNya

-nfk
Publisher: FK - 22.45

Akad


Qabiltu nikahaha wa tazwijaha bi mahril madzkur, ala manhaji kitabillah wa sunnati Rasulillah,..
amin...



“Baralallahu laka wa baraka alaika wa jama’a bainakuma fi khair!”
-nfk
pasti terharu mendengarnya.. ^_^
subhanallah
Publisher: FK - 17.57

Selasa, 07 Juni 2011

terima kasih Publisher: FK - 22.39
, ,

Suka duka XML [2]

ini suasana kelas saya pas presentasi TUBES 1 XML


dengan tampang lumayan stress ngedit program
dosennya penuh tanda tanya
KERJA SAMA
#merasakan hal yang sama dengan saya
bapaknya uda capek juga kayaknya..
selain saya yang ngotot sok tau gak mau ngalah..
dosennya juga agak gimana gitu..
tapi..
THE BEST laaahhhh
Publisher: FK - 22.19

bisa jadi

Bisa jadi ini suatu kebetulan yang direncanakan ^_^
kebetulan menurut logika kita..
yang telah terencana terstruktur dengan rapi di lauh mahfuzNya..

-nfk
Publisher: FK - 22.14

ask??[2]

dalamnya hati orang siapa yang tau??

-nfk
Publisher: FK - 22.13
,

Upacara pernikahan [adat banjar]

Assalamu'alaikum,..
kembali lagi dengan bahasan yang bikin bosen..
Upacara Pernikahan [kesekian kalinya] tapi kali ini episode adat banjar.. *pesanan kak *SENSOR* ini.. hehehe #priskitiuuwww
okelah..daripada lama - lama..

----
diawali dengan yang namanya "Basasuluh"
Seorang laki-laki yang akan dikawinkan biasanya tidak langsung dikawinkan, tetapi dicarikan calon gadis yang sesuai dengan sang anak maupun pihak keluarga. Hal ini dilakukan tentu sudah ada pertimbangan-pertimbangan, atau yang sering dikatakan orang dinilai “bibit-bebet-bobot”nya * kayak orang jawa yaa?? terlebih dahulu. Setelah ditemukan calon yang tepat segera dicari tahu apakah gadis tersebut sudah ada yang menyunting atau belum. Kegiatan ini dalam istilah bahasa Banjar disebut dengan BASASULUH.
habis yang namanya basasuluh, masuk ke "Batatakun" atau melamar
Setelah diyakini bahwa tidak ada yang meminang gadis yang telah dipilih maka dikirimlah utusan dari pihak lelaki untuk melamar, utusan ini harus pandai bersilat lidah sehingga lamaran yang diajukan dapat diterima oleh pihak si gadis. Jika lamaran tersebut diterima maka kedua pihak kemudian berembuk tentang hari pertemuan selanjutnya yaitu Bapapayuan atau Bapatut Jujuran.
Bapapayuan atau Bapatut Jujuran.
Kegiatan selanjutnya setelah melamar adalah membicarakan tentang masalah kawin. Pihak lelaki kembali mengirimkan utusan, tugas utusan ini adalah berusaha agar masalah kawin yang diminta keluarga si gadis tidak melebihi kesanggupan pihak lelaki. *gak kok.. saya biasa aja mintanya.. standar aja

Untuk dapat menghadapi utusan dari pihak keluarga lelaki, terutama dalam hal bersilat lidah, maka pihak keluarga sang gadis itu pun meminta kepada keluarga atau tetangga dan kenalan lainnya, yang juga memang ahli dalam bertutur kata dan bersilat lidah.

Jika sudah tercapai kesepakatan tentang masalah kawin tersebut. Maka kemudian ditentukan pula pertemuan selanjutnya yaitu Maatar Jujuran atau Maatar Patalian.
Maatar Jujuran atau Maatar Patalian.
Merupakan kegiatan mengantar masalah kawin kepada pihak si gadis yang maksudnya sebagai tanda pengikat. Juga sebagai pertanda bahwa perkawinan akan dilaksanakan oleh kedua belah pihak. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para ibu, baik dari keluarga maupun tetangga. Apabila acara Maatar Jujuran ini telah selesai maka kemudian dibicarakan lagi tentang hari pernikahan dan perkawinan.

Bakakawinan atau Pelaksanaan Upacara Perkawinan .
Sebelum hari pernikahan atau perkawinan, mempelai wanita mengadakan persiapan, antara lain:
a. Bapingit dan Bakasai.
Bagi calon mempelai wanita yang akan memasuki ambang pernikahan dan perkawinan, dia tidak bisa lagi bebas seperti biasanya, hal ini dimaksudkan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan (Bapingit). *kayaknya ini kayak adat pingit di jawa yaa??
Dalam keadaan Bapingit ini biasanya digunakan untuk merawat diri yang disebut dengan Bakasai dengan tujuan untuk membersihkan dan merawat diri agar tubuh menjadi bersih dan muka bercahaya atau berseri waktu disandingkan di pelaminan.

b. Batimung.
Hal yang biasanya sangat mengganggu pada hari pernikahan adalah banyaknya keringat yang keluar. Hal ini tentunya sangat mengganggu khususnya pengantin wanita, keringat akan merusak bedak dan dapat membasahi pakaian pengantin. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka ditempuh cara yang disebut Batimung. Setelah Batimung badan calon pengantin menjadi harum karena mendapat pengaruh dari uap jerangan Batimung tadi.

c. Badudus atau Bapapai.
Mandi Badudus atau bapapai adalah uapacara yang dilaksanakan sebagai proses peralihan antar masa remaja dengan masa dewasa dan juga merupakan sebagai penghalat atau penangkal dari perbuatan-perbuatan jahat. Upacara ini dilakukan pada waktu sore atau malam hari. Upacara ini dilaksanakan tiga atau dua hari sebelum upacara perkawinan.
d. Perkawinan (Pelaksanaan Perkawinan)
Upacara ini merupakan penobatan calon pengantin untuk memasuki gerbang perkawinan. Pemilihan hari dan tanggal perkawinan disesuaikan dengan bulan Arab atau bulan Hijriah yang baik. Biasanya pelaksanaan upacara perkawinan tidak melewati bulan purnama.

Naaahhhh.. selama perkawinan.. ini nih acara - acaranya..
1). Badua Salamat Pengantin.
Hal ini ditujukan untuk keselamatan pengantin dan seluruh keluarga yang melaksanakan upacara perkawinan itu. Dalam hal ini pembacaan doa-doa dipimpin oleh Penghulu atau Ulama terkemuka di kampung tersebut. Selesai prosesi tersebut para undangan dipersilahkan menikmati hidangan yang telah disediakan. Hal ini berlangsung hingga acara Maarak Pengantin.

2). Bahias atau Merias Pengantin.

Sekitar jam 10 pagi, tukang rias sudah datang ke rumah mempelai wanita untuk merias. Kegiatan ini meliputi tata rias muka, rambut dan pakian, serta kelengkapan lainnya seperti Palimbayan dan lainnya. Bagi pengantin pria, bahias ini dilakukan setelah sholat Zuhur.

3). Maarak Pengantin.
Apabila pihak pengantin sudah siap berpakaian, maka segera dikirim utusan kepada pihak pria bahwa mempelai wanita sudah menunggu kedatangan mempelai pria. Maka kemudian diadakanlah upacara Maarak Pengantin. Pada waktu maarak pengantin biasanya diiringi dengan kesenian Sinoman Hadrah atau Kuda Gepang. Pihak wanita juga mengadakan hal yang sama untuk menyambut mempelai pria juga untuk menghibur para undangan.
4). Batatai atau Basanding.
Kedatangan pengantin pria disambut dengan Salawat Nabi dan ketika Salawat itu dikumandangkan pengantin wanita keluar dari dinding kurung untuk menyambut pengantin pria. Di muka pintu, pengantin pria disambut oleh pengantin wanita, untuk beberapa saat mereka bersanding di muka pintu, kemudian mereka di bawa ke Balai Warti untuk bersanding secara resmi.

Apabila telah cukup waktu bersanding, kedua mempelai diturunkan dari Balai Warti untuk kemudian dinaikkan keusungan atau dinamakan Usung Jinggung, yang diiringi kesenian Kuda Gepang. Setelah di Usung Jinggung kedua mempelai disandingkan di petataian pengantin yang disebut Geta Kencana. Kemudian dilanjutkan dengan sujud kepada orang tua pengantin wanita dan para hadirin serta memakan nasi pendapatan (Badadapatan). Setelah itu kedua pengantin berganti pakaian untuk istirahat.
e. Bajajagaan Pengantin
Pada malam hari pertama sampai ketiga sejak hari perkawinan, biasanya diadakan acara Bajajagaan atau menjagai pengantin, yang isinya dengan pertunjukan kesenian, seperti Bahadrah atau Barudat (Rudat Hadrah), Bawayang Kulit (Wayang Kulit), Bawayang Gong (Wayang Orang), Mamanda dan sebagainya.

f. Sujud
Tiga hari sesudah upacara perkawinan, kedua mempelai kemuadian di bawa ke rumah orang tua pengantin pria untuk sujud kepada orang tua pengantin pria. Malam harinya juga diadakan acara menjagai pengantin dengan maksud untuk menghibur kedua mempelai yang sedang berkasih mesra itu.

Keesokan harinya mereka dibawa lagi ke rumah mempelai wanita untuk selanjutnya tinggal di tempat mempelai wanita bersama orang tua mempelai wanita untuk mengatur kehidupan berumah tangga. Apabila telah mampu untuk mencari nafkah sendiri barulah berpisah dalam artian berpisah dalam hal makan saja, namun tetap tinggal bersama orang tua mempelai wanita.

huuufuffffttttttt...
akhirnya selesai juga..
have a nice day readers sayang..

*unconditionally love
-nfk
Publisher: FK - 15.46
,

Upacara pernikahan [adat betawi]

Assalamu'alaikum..
Dear readers..
saya mohon maaf kalau seharian ini postingan saya isinya tentang ada pernikahan dari daerah - daerah yang ada di indonesia..
mulai dari sumatera sampai papua *niatnya sih
Sekarang, saatnya kita mampir dulu ke jakarta.. Upzz betawie..
yuk marii

---

Adat betawi, sama seperti pernikahan daerah - daerah sebelumnya, banyak prosesi yang harus dijalani oleh kedua mempelai. kalau di betawi diawali dengan yang namanya "Ngedelengin". Ngedelengin itu apa?? katanya siiihhhh Istilah lain yang juga dikenal dalam masa perkenalan sebelum pernikahan dalam adat Betawi *ta'aruf gitu kayaknya 

Ngedelengin bisa dilakukan siapa saja termasuk si jejaka sendiri. Pada sebuah keriaan atau pesta perkawinan biasanya ada malem mangkat. Keriaan seperti ini melibatkan partisipasi pemuda. Di sinilah ajang tempat bertemu dan saling kenalan antara pemuda dan pemudi. Ngedelengin juga bisa dilakukan oleh orangtua walaupun hanya pada tahap awalnya saja.

Setelah menemukan calon yang disukai, kemudian Mak Comblang mengunjungi rumah si gadis. Setelah melalui obrolan dengan orangtua si gadis, kemudian Mak Comblang memberikan uang sembe (angpaw) kepada si gadis. Kemudian setelah ada kecocokan, sampailah pada penentuan ngelamar. Pada saat itu Mak Comblang menjadi juru bicara perihal kapan dan apa saja yang akan menjadi bawaan ngelamar.

habis itu.. masuk deh ke acara Nglamar..
Bagi orang Betawi, ngelamar adalah pernyataan dan permintaan resmi dari pihak keluarga laki-laki (calon tuan mantu) untuk melamar wanita (calon none mantu) kepada pihak keluarga wanita. Ketika itu juga keluarga pihak laki-laki mendapat jawaban persetujuan atau penolakan atas maksud tersebut. Pada saat melamar itu, ditentukan pula persyaratan untuk menikah, di antaranya mempelai wanita harus sudah tamat membaca Al Quran. Yang harus dipersiapkan dalam ngelamar ini adalah:
1. Sirih lamaran
2. Pisang raja
3. Roti tawar
4. Hadiah Pelengkap
5. Para utusan yang tediri atas: Mak Comblang, Dua pasang wakil orang tua dari calon tuan mantu terdiri dari sepasang wakil keluarga ibu dan bapak.
*kok pake sirih yaa?? hehehe
habis Nglamar, terus bawa tande putus ...*nahlooo.. mau nikah kok putus??
Tanda putus bisa berupa apa saja. Tetapi biasanya pelamar dalam adat betawi memberikan bentuk cincin belah rotan sebagai tanda putus. Tande putus artinya bahwa none calon mantu telah terikat dan tidak lagi dapat diganggu gugat oleh pihak lain walaupun pelaksanaan tande putus dilakukan jauh sebelum pelaksanaan acara akad nikah. *ini bisa dibilang tunangan bukan

Masyarakat Betawi biasanya melaksanakan acara ngelamar pada hari Rabu dan acara bawa tande putus dilakukan hari yang sama seminggu sesudahnya. Pada acara ini utusan yang datang menemui keluarga calon none mantu adalah orang-orang dari keluarga yang sudah ditunjuk dan diberi kepercayaan. Pada acara ini dibicarakan:

1. apa cingkrem (mahar) yang diminta
*seperangkat alat shalat. mobil, rumah, yang paling penting.. HAFALAN AL-QURAN
2. nilai uang yang diperlukan untuk resepsi pernikahan
*saya nurut aja sama si "fulan" yang pasti musti bagus
3. apa kekudang yang diminta
*kekundang apaan??
4. pelangke atau pelangkah kalau ada abang atau empok yanng dilangkahi
*saya anak pertama kok
5. berapa lama pesta dilaksanakan
*seharian tapi 2kali.. hahaha
6. berapa perangkat pakaian upacara perkawinan yang digunakan calon none mantu pada acara resepsi
*banyak.. aku pengen pake adat daerahku sama si "fulan" #jelas2 ini adat betawi
7. siapa dan berapa banyak undangan.
*presiden RI #perlu gak sih?, pokoknya yang kenal saya.. :p seribu??dua ribu??

kacau lah yaaa... lanjut aja ke tahap selanjutnya Akad Nikah #ini dia yang ditunggu
Sebelum diadakan akad nikah secara adat, terlebih dahulu harus dilakukan rangkaian pra-akad nikah yang terdiri dari: *hedehhh ribet yaa
1. Masa dipiare, yaitu masa calon none mantu dipelihara oleh tukang piara atau tukang rias. Masa piara ini dimaksudkan untuk mengontrol kegiatan, kesehatan, dan memelihara kecantikan calon none mantu untuk menghadapi hari akad nikah nanti.
2. Acara mandiin calon pengatin wanita yang dilakukan sehari sebelum akad nikah. Biasanya, sebelum acara siraman dimulai, mempelai wanita dipingit dulu selama sebulan oleh dukun manten atau tukang kembang. Pada masa pingitan itu, mempelai wanita akan dilulur dan berpuasa selama seminggu agar pernikahannya kelak berjalan lancar. *ini sama kayak siraman yang di jawa ya?? #kayaknya
3. Acara tangas atau acara kum. Acara ini identik dengan mandi uap yang tujuanya untuk membersihkan bekas-bekas atau sisa-sisa lulur yang masih tertinggal. Pada prosesi itu, mempelai wanita duduk di atas bangku yang di bawahnya terdapat air godokan rempah-rempah atau akar pohon Betawi. Hal tersebut dilakukan selama 30 menit sampai mempelai wanita mengeluarkan keringat yang memiliki wangi rempah, dan wajahnya pun menjadi lebih cantik dari biasanya.
4. Acara ngerik atau malem pacar. Dilakukan prosesi potong cantung atau ngerik bulu kalong dengan menggunakan uang logam yang diapit lalu digunting. Selanjutnya melakukan malam pacar, di mana mempelai memerahkan kuku kaki dan kuku tangannya dengan pacar.*ini yang pake inai ya?? mauu >.<

Setelah rangkaian tersebut dilaksanakan, masuklah pada pelaksanaan akad nikah. Pada saat ini, calon tuan mantu berangkat menunju rumah calon none mantu dengan membawa rombongannya yang disebut rudat. Pada prosesi akad nikah, mempelai pria dan keluarganya mendatangi kediaman mempelai wanita dengan menggunakan andong atau delman hias. Kedatangan mempelai pria dan keluarganya tersebut ditandai dengan petasan sebagai sambutan atas kedatangan mereka. Barang yang dibawa pada akad nikah tersebut antara lain:
1. sirih nanas lamaran
2. sirih nanas hiasan
3. mas kawin
4. miniatur masjid yang berisi uang belanja
5. sepasang roti buaya *asiiiikkkk.. pantes aja temen saya, saya mintain oleh2 roti buaya, dia gamau..hahaha
6. sie atau kotak berornamen Cina untuk tempat sayur dan telor asin
7. jung atau perahu cina yang menggambarkan arungan bahtera rumah tangga *subhanallah
8. hadiah pelengkap
9. kue penganten
10. kekudang artinya suatu barang atau makanan atau apa saja yang sangat disenangi oleh none calon mantu sejak kecil sampai dewasa

Pada prosesi ini mempelai pria betawi tidak boleh sembarangan memasuki kediaman mempelai wanita. Maka, kedua belah pihak memiliki jagoan-jagoan untuk bertanding, yang dalam upacara adat dinamakan “Buka Palang Pintu”. Pada prosesi tersebut, terjadi dialog antara jagoan pria dan jagoan wanita, kemudian ditandai pertandingan silat serta dilantunkan tembang Zike atau lantunan ayat-ayat Al Quran. Semua itu merupakan syarat di mana akhirnya mempelai pria diperbolehkan masuk untuk menemui orang tua mempelai wanita.
oiyaaa... mengenai adat "buka palang pintu"

Sebelum mempelai pria diterima masuk ke dalam rumah, ada prosesi yang namanya Buka Palang Pintu. Caranya, si keluarga mempelai pria menjelaskan maksud kedatangan mereka dengan menggunakan pantun Betawi. Keluarga mempelai wanita juga menjawab dengan pantun, sehingga terjadilah berbalas pantun. Maksud prosesi ini sendiri adalah memberikan sejumlah syarat kepada calon mempelai pria sebelum  diterima oleh pihak si gadis. Syaratnya, keluarga si pria harus pandai ‘bekelai’ (berkelahi-red) dan ‘ngaji’ (mengaji-red). Tujuannya agar si pria mampu melindungi dan menjadi pemimpin agama buat keluarganya kelak.

Berikut penggalan pantun seperti yang kerap dilakukan dalam prosesi Buka Palang Pintu:
L (keluarga laki-laki): Assalamu’alaikum
P (keluarga perempuan): Walaikum salam.
L: Begini bang. Makan sekuteng di Pasar Jum’at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati
P: Oh, jadi lu uda niat dateng kemari. Eh Bang, kalo makan buah kenari, jangan ditelen biji-bijinye. Kalo lu udeh niat dateng kemari. Gue pengen tahu ape hajatnye?…
L: Oh. jadi Abang pengen tahu ape hajatnye. Emang Abang kagak dikasih tau ame tuan rumehnye. Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran perawan yang di dalam, kaga bakalan nih laki, gue anterin ke mari                                                   

P: Oh. jadi lantaran perawan Abang kemari?…Eh. Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh, perawan ude ade yang punye
L: Oh.jadi tuh perawan ude ade yang punye. Eh Bang crukcuk kuburan Cine, kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye, tetep aje nih laki bakal jadiin
P: .Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin. Eh Bang kalo jalan lewat Kemayoran, ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin
L: Oh. Jadi abang bekeras nih. Eh Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur
P: Oh. jadi lu sangke kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh. Nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye
L: Oh. Jadi kalo mao dapet perawan sini ade saratnye, Bang.?
P: Ade, jadi pelayan aje ada saratnye, apa lagi perawan.
L: Kalo begitu, sebutin saratnye. Bang.
P: Lu pengen tau ape saratnye. Kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu
L: Oh. jadi kalo mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang.
P: Iye. Kalo lu takut, lu pulang.
L: Bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya jagoan, aye bakal adepin satu-persatu.
Biasanya setelah saling menantang dalam pantun, masing-masing keluarga mengeluarkan jurus ala silat Betawi. Konon, pada jaman dahulu mereka berkelahi betulan. Sekarang tentu saja perkelahian itu hanya simbol belaka. Karena pada dasarnya pihak keluarga perempuan cuma ingin melihat sejauh mana kepandaian silat si calon mempelai pria.






Pada saat akad nikah, mempelai wanita Betawi memakai baju kurung dengan teratai dan selendang sarung songket. Kepala mempelai wanita dihias sanggul sawi asing serta kembang goyang sebanyak 5 buah, serta hiasan sepasang burung Hong. Kemudian pada dahi mempelai wanita diberi tanda merah berupa bulan sabit yang menandakan bahwa ia masih gadis saat menikah.

Sementara itu, mempelai pria memakai jas Rebet, kain sarung plakat, hem, jas, serta kopiah, ditambah baju gamis berupa jubah Arab yang dipakai saat resepsi dimulai. Jubah, baju gamis, dan selendang yang memanjang dari kiri ke kanan serta topi model Alpie menjadi tanda haraan agar rumah tangga selalu rukun dan damai.

Setelah upacara pemberian seserahan dan akad nikah, mempelai pria membuka cadar yang menutupi wajah pengantin wanita untuk memastikan apakah benar pengantin tersebut adalah dambaan hatinya atau wanita pilihannya. *gak kebayang kalau ternyata bukan calon istrinya ..hahaha Kemudian mempelai wanita mencium tangan mempelai pria *so swiiittttt ini. Selanjutnya, keduanya diperbolehkan duduk bersanding di pelaminan (puade). Pada saat inilah dimulai rangkaian acara yang dkenal dengan acara kebesaran. Adapun upacara tersebut ditandai dengan tarian kembang Jakarta untuk menghibur kedua mempelai, lalu disusul dengan pembacaan doa yang berisi wejangan untuk kedua mempelai dan keluarga kedua belah pihak yang tengah berbahagia.

 hufeeetttt banyak kali yaaa akad nikahnya *maksudnya prosesinya..
lanjut dah ke acare Negor

Sehari setelah akad nikah, Tuan Penganten diperbolehkan nginep di rumah None Penganten. Meskipun nginep, Tuan Penganten tidak diperbolehkan untuk kumpul sebagaimana layaknya suami-istri *kasian.. padahal udah halal yaa. None penganten harus mampu memperthankan kesuciannya selama mungkin. Bahkan untuk melayani berbicara pun, None penganten harus menjaga gengsi dan jual mahal. Meski begitu, kewajibannya sebagai istri harus dijalankan dengan baik seperti melayani suami untuk makan, minum, dan menyiapkan peralatan mandi.

Untuk menghadapi sikap none penganten tersebut, tuan penganten menggunakan strategi yaitu dengan mengungkapkan kata-kata yang indah dan juga memberikan uang tegor. Uang tegor ini diberikan tidak secara langsung tetapi diselipkan atau diletakkan di bawah taplak meja atau di bawah tatakan gelas.

Hufeeettttt...
panjang bener yaaa??
hmm..
seru juga yaa liat ada2 pernikahan di indonesia.. :D

*unconditionally love
-nfk
Publisher: FK - 15.13